REPORTASE BANGKA

​Soal 23 Program EKSIS, Dodot: Jika Ingkar, Gugat Kami!'

12 Juni
11:47 WIB 2018

Pangkalpinang - Calon Wakil Walikota Pangkalpinang nomor urut 4, Ismiryadi alias Dodot yang berpasangan dengan Cawako Endang 'Ibu Kite' Kusumawaty, menegaskan, 23 Program mereka bukanlah isapan jempol belaka.

''GUGAT kami, jika kami ingkar!'' demikian tegas Dodot soal ke 23 program untuk kemajuan dan kesejahteraan Kota Pangkalpinang yang sudah mereka susun dan mereka kaji secara komprehensif itu.

Lebih jauh menurut mantan Ketua DPRD Bangka Belitung (Babel) yang dikenal tegas dan apa adanya ini, dia dengan Endang berani 'pasang badan' bahwa ke 23 program itu akan bisa dijalankan selama 5 tahun jabatan jika mereka terpilih.

''Ke 23 program itu sudah kita pelajari termasuk bagaimana penerapan dan bagaimana mewujudkannya. Jadi itu bukan program kerja yang membumi untuk kemaslahatan masyarakat bukan di awan-awan atau diangan-angan, tapi memang program yang menginjak bumi serta memang dibutuhkan untuk kemaslahatan umat dan rakyat Pangkalpinang secara menyeluruh,'' ujar pria yang selama Ramadhan justru lebih memperbanyak ibadah dan menjalin silaturahmi dengan berbagai kegiatan keagamaan ini.

Apa optimis bisa dijalankan semuanya?

''Tadi sudah saya tegaskan, jika kami terpilih dan ternyata tidak bisa melaksanakan program itu, kami siap digugat bahkan siap mundur jika memang dianggap tidak bisa melaksanakan apa yang sudah kami programkan. Kami membuat program itu bukan untuk sekedar janji agar rakyat memilih kami, tapi kami menyusun program itu melalui kajian ilmiah, termasuk realistis atau tidaknya program tersebut untuk kemaslahatan umat dan rakyat Pangkalpinang ini ke depan,'' ujar Dodot dengan suaranya yang khas tersebut.

Dikatakan Dodot, ada 4 pilar penekanan dari ke 23 program mereka guna menuju Pangkalpinang Hebat. Masing-masing ramah birokrasi, mandiri ekonominya, sehat warganya, dan nyaman kotanya.

"Jadi Pangkalpinang tidak bisa hanya dengan program agar bagus saja. Program tanpa menyentuh masyarakat, maka semua tidak akan ada gunanya," ujar Dodot lagi.

Dari 23 Janji Kerja pasangan calon Endang Kusumawaty - Ismiryadi alias Dodot, memang terangkum menjadi program unggulan. Menjadikan Pangkalpinang Hebat, merupakan keinginan Eksis untuk merealisasikan bersama masyarakat. Bukan hanya itu, bila Eksis terpilih, mereka sudah siap dan akan tetap rutin menemui warga. Itu akan dilakukan Eksis lewat Janji Kerjanya, dimana keduanya akan rutin berkantor di Kelurahan.

"Janji Kerja Eksis adalah membuat Mall Layanan Publik, yakni membangun pusat layanan publik yang terintegrasi," ungkapnya.

Pusat layanan publik terintegrasi tadi untuk masyarakat, guna mempermudah segala kebutuhan dan layanan dari pemerintahan. Eksis juga memberikan prioritas layanan publik, dengan membuat fasilitas khusus lansia, ibu hamil dan disabilitas. "Memberi prioritas layanan publik bagi lansia, ibu hamil dan disabilitas juga menjadi Janji Kerja Eksis," imbuh Dodot.

Terakhir, masih ujar Dodot, Eksis juga akan memberi penghargaan buat RT dan RW. Dimana dengan menaikkan honor mereka menjadi 1 juta perbulan, dan memberi fasilitas tambahan. Dimana tujuan tunjangan honor dan fasilitas tadi bertujuan meningkatkan kinerja dan fungsi RT/RW di masyarakat.

Ke 23 program itu menurut Dodot, masing-masing

1. Penguatan ekonomi berbasis UMKM,

2. Pangkalpinang ramah investasi,

3. Jaga ketersediaan bahan pokok dengan membangun lumbung pangan kota dan mempersingkat rantai distribusi,

4. Mengembangkan daerah wisata berbasis religi,

5. Lawan Banjir,

6. Mewujudkan sekolah gratis berkuaslitas,

7. Beasiswa pendidikan,

8. Meingkatkan bantuan sosial,

9. Jaminan kesehatan Lansia,

10. Puskesmas dengan fasilitas rawat inap,

11. Layanan dokter at home,

12. Pos perempuan sehat mandiri,

13. Jaminan ibu hamil,

14. 1 rumah 1 kakus,

15. Layanan air bersih dan pengelolaan sampah terpadu,

16. Penyediaan pemakaman umum terpadu,

17. 1 Keluarahan 1 RPTR (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak Plus),

18. Pangkalpinang terang,

19. Aladin (Atap, Lantai, Dinding) dan anti kebakaran,

20. Gratis listrik semua rumah ibadah,

21. Pengelolaan Kota berbasis teknologi,

22. Mall layanan publik,

23. Penghargaan RT/RW.

-


Lainnya di Politik