REPORTASE BANGKA

Tim Unja Seleksi Camaba Kedokteran Penerima Beasiswa Pemkab Bangka

02 Agustus
23:18 WIB 2018

Sungailiat - Bupati Bangka Ir H Tarmizi Saat MM menerima tim seleksi penerimaan calon mahasiswa baru (camaba) Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat ( SMMPTN-Barat) tahun akademik 2018/2019 di ruang kerja Bupati, Senin (16/7)

Tim seleksi yang dipimpin Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Jambi Aprillitza Vivayarti, untuk menindaklanjuti kerjasama Pemkab Bangka dengan Universitas Jambi.

Penerimaan tim seleksi dari Unja, Bupati Bangka didamping Sekda Bangka Akhmad Mukhsin, Kepala Bappeda kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Padli.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Jambi (Unja) Aprillitza Vivayarti menjelaskan, seleksi yang dilakukan mengacu kepada aturan seleksi penerimaan mahasiswa baru seperti yang diatur dalam peranturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“ Kami akan melaksanakan seleksi sehingga nanti diharapkan dapat dihasilkan calon mahasiswa fakultas kedokteran yang terbaik dari kabupaten Bangka,” kata Aprillitza.

Seleksi mahasiswa baru calon penerima bantuan beasiswa utusan daerah akan dilaksanakan, Selasa (17/7) di Sungailiat.

Bupati Bangka Tarmizi Saat menegaskan dirinya tidak ada kepentingan pribadi dalam seleksi penerimaan calon mahasiswa kedokteran penerima bantuan beasiswa dari Pemkab Bangka.

“ Seleksi yang dilaksanakan sesuai aturan saja, agar dapat dipilih calon mahasiswa yang benar - benar natinya dapat mengabdi kepada masyarakat,” ujar Tarmizi.

Dijelaskannya, seleksi untuk mahasiswa kedokteran calon penerima beasiswa untuk memenuhi kebutuhan dokter di kabupaten Bangka, demikian pula yang dilakukan untuk mahasiswa yang menerima beasiswa sebagai penyuluh pertanian yang sudah dilakukan Pemkab Bangka karena kabupaten Bangka membutuhkan penyuluh pertanian yang sebagian penyuluh pertanian sudah memasuki masa pensiun.

“ Kita juga menyekolahkan untuk beasiswa di Sekolah Tinggi Pertanahan, karena kabupaten Bangka kekurangan tenaga pengukur tanah,” jelas Bupati.

Dikatakannya, Pemkab Bangka sudah bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di pulau Jawa dan Sumatera diantaranya UGM, STPP Medan dan lain - lain untuk melakukan KKN di kabupaten Bangka dengan sistem tematik yakni temanya ditentukan Pemkab Bangka.

Diharapkannya dengan kerjasama yang dilakukan akan meninggkat kemajuan desa dengan adanya kegiatan pengabdian para mahasiswa baik dibidang kemasyarakatan, kesehatan, pertanian dan kegiatan lainnya.

Selain itu kerjasama Pemkab Bangka dengan perguruan tinggi juga di lakukan dengan perguruan tinggi yang berada di Bangka Belitung dalam melaksanaan KKN seperti UBB, Pertiba dan lain -lain.

Bupati minta tim seleksi dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga terpilih 10 calon mahasiswa kedokteran penerima beasiswa dari Pemkab Bangka.

Para mahasiswa yang lulus seleksi ini nanti akan membuat pernyataan setelah lulus akan mengabdi di kabupaten Bangka.

Tercatat sebanyak 154 orang calon mahasiswa peserta seleksi penerima bantuan beasiswa utusan daerah, yang merupakan lulusan SMA jurusan IPA, akan dikuliahkan di Universitas Jambi.

-





Berita Terkait
 

Pemkab Bangka Berikan Beasiswa Bangka Cerdas

REPORTASE, Sungailiat - Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pemerintah Kabupaten Bangka selain menyelenggarakan upacara bendera juga memberikan beasiswa Bangka Cerdas bagi anak sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk meningkatkan kualitas...

Baca Selengkapnya
Lainnya di Reportase Babel
 

Lomba STQ Tingkat Kecamatan Berlangsung Meriah

REPORTASE, Koba - Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Kecamatan Pangkalan Baru yang diselenggarakan di Masjid At Taqwa Desa Air Mesu Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung,...

Baca Selengkapnya