REPORTASE BANGKA

​AirNav Pangkalpinang Ajak Wartawan Kunjungi Tower

28 Agustus
11:48 WIB 2018

Pangkalpinang - Jurnalis lokal dan nasional dari media cetak, elektronik dan online, mengikuti Visit Tower yang di gelar Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) Cabang Pangkalpinang atau AirNav Indonesia, Senin (27/8/2018).

Rombongan jurnalis langsung disambut General Manager AirNav cabang Pangkalpinang, Agus Istiarno untuk mendengarkan pemaparan.

Kepada awak media, Agus Istiarno menjelaskan fasilitas yang berada di AirNav cabang Pangkalpinang berupa tower setinggi 37 meter serta peralatan navigasi di Air traffic services

"Pembangunan tower baru ini untuk menyesuaikan runway Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang, dari 1.800 meter menjadi 2.250 meter menyebabkan tower yang lama tidak bisa melihat visual secara maksimal, di tower yang baru saat ini petugas sangat leluasa melihat landing dan take off," jelas Agus.

Dikatakan Agus, tower yang sudah berfungsi sejak Desember 2017 ini dilengkapi dengan peralatan navigasi terbaru.

"Ini untuk meningkatkan keselamatan penerbangan, untuk petugas kita tempatkan 3 petugas yang bertugas sebagai controler, asisten fungsi supervisi dan supervisor," terang Agus.

Ditambahkan Agus, saat ini tower yang berfungsi belum di lengkapi dengan radar melainkan menggunakan metode visual control dan Instrumen landing System (ILS).

"Belum ada fasilitas radar, namun Air traffic control (atc) di bandara sekarang mampu memantau aktivitas pesawat 80 hingga 90 pergerakan dalam sehari," tutup Agus. (Kentung)

-





Berita Terkait