REPORTASE BANGKA

​Kejari Sungailiat Soroti Dana Proyek Pembangunan Irigasi

06 September
22:29 WIB 2018

Sungailiat - Kasipidsus Kejari Sungailiat Aditya Sulaiman menyoroti dana proyek pembangunan irigasi diduga milik dinas pekerjaan umum Kabupaten Bangka. Menurutnya, dengan biaya mencapai Rp 5 milyar pihak PU harus bisa menyerap anggaran secara maksimal.

"Sangat disayangkan dana yang jumlahnya milyaran rupiah tersebut tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, untuk mencari dana yang sebesar itu bukanlah perkara gampang, harus bolak balik ke pusat," ungkap Aditya Sulaiman.

Menurut Aditya, karena tidak bisa melaksanakan kegiatan proyek tersebut akhirnya pihak PU Bangka melakukan koordinasi denga tim T4D untuk mencari cara bagaimana dana untuk proyek itu bisa terserap secara maksimal.

"Setelah berkoordinasi dengan dinas PU Bangka tersebut, faktanya dana proyek tetap tidak bisa diserap, karena masalahnya terganjal dengan waktu yang tidak memungkinkan dilakukan. Jadi melalui berbagai pertimbangan, maka dana sebesar lebih kurang 5 milyar itu dengan sangat terpaksa di kembalikan ke pusat," katanya.

Saat disinggung keterkaitan dengan kedatangan ASN dari dinas PU Bangka ke Kejari Sungailiat, Aditya menjelaskan, bahwa kedatangan mereka bukan ada permasalahan atau pelanggan.

"Kedatangan pihak ASN dari dinas PU Bangka hanya untuk berkoordinasi saja sifatnya, bukan ada masalah," ujarnya.

Menurut Adit, kalau proyek tersebut dipaksakan diprediksi bisa menimbulkan masalah, oleh sebab itu mereka melakukan koordinasi dan mohon petunjuk dengan T4D apakah ada solusi tentang pelaksanaan proyek irigasi tersbut.

"Ini bukan kasus atau pelanggaran tetapi sekali lagi saya tegaskan sifatnya hanya berkoordinasi dengan tim T4D saja," tambahnya.

Sementara itu, Kepala ULP Pemkab Bangka Satria Yudi mengatakan, mereka tidak tahu menahu dan bukan kewenangan mereka untuk memberikan penjelasan. Kalaupun seandainua proyek tersebut tidak bisa dilaksanakan apabila ditemui kendala atau masalah.

"lebih baik bapak-bapak wartawan langsung saja ke inspektorat dan dinas PU Bangka, mereka lebih berkompeten memberikan keterangan," katanya.

Menurut Yudi, pihak kami hanya melakukan proses pelelangan saja sesuai dengan prosedurnya kalau semua sudah lengkap persyaratan lelangnya maka kita umumkan pemenang proyeknya. (Imam) 

-