REPORTASE BANGKA

Atasi Banjir, Pemkot Pangkalpinang Normalisasi Sungai

BANJIR PANGKALPINANG/ FOTO: DOK. REPORTASE BANJIR PANGKALPINANG/ FOTO: DOK. REPORTASE
15 September
11:12 WIB 2018

Bangka -

Pemerintah kota Pangkalpinang Bangka Belitung (Babel) terus fokus berbenah menangani masalah banjir rob yang melanda rumah warga dan sebgaian ruas jalan ketika hujan turun. Salah satunya dengan melakukan pengerukan alur sungai atau normalisasi.

Kepala Dinas Pekerjaa Umum Kota Pangkalpinang Suparlan Dulaspar mengatakan, sampai dengan saat ini proyek normalisasi di kota Pangkalpinang sudah mencapai 50 persen dan mudah-mudahan diakhir tahun 2018 semua sudah selesai.

"Proyek normalisasi ini tujuannya adalah untuk mengatasi masalah banjir di kota Pangkalpinang seperti pengerukan alur sungai di kelurahan Pangkal Arang kecamatan Pangkalbalam," jelas Suparlan saat ditemui ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu.

Melalui dinas PU kota Pangkalpinang, Suparlan menjelaskan sudah membeli 2 (dua) unit alat berat khusus mengeruk kanal-kanal di kota Pangkalpinang, Pulau Bangka.

"Sekarang kita hanya baru mampu sebatas pengerukan tanah saja, karena untuk membangun talud guna membentengi air dan tanah agar tidak terjadi pedangkalan memerlukan dana ratusan milyar. Sebab pengerjaan proyek tersebut cukup panjang dari mulai alur sungai pangkalbalam," tegasnya.

Ketika disinggung apakah sudah ada upaya mengajukan proyek itu ke tingkat pusat, Suparlan mengatakan sudah berupaya melobi kepusat namun sampai dengan detik ini belum ada jawaban.

"Yang jelas kita akan berupaya semaksimal mungkin agar penanganan banjir dengan proyek normalisasi dapat terealisasi," tambahnya.

Suparlan menambahkan khusus untuk pengerjaan jalan saat ini sudah mencapai angka 80 persen dan diperkirakan targetkan bisa 100 persen diakhir tahun 2018 ini juga pungkas Suparlan. (Imam)

-







Berita Terkait
 

Eksis : Atasi Banjir Dengan Normalisasi Sungai Dari Hulu Ke Hilir

Reportasebangka.com, Pangkalpinang – Banjir di Kota Pangkalpinang menjadi salah satu masalah yang di fokuskan semua pasangan calon walikota Pangkalpinang.  Hal ini disebabkan setiap hujan yang mengguyur Pangkalpinang berpotensi menimbulkan banjir...

Baca Selengkapnya
Lainnya di Reportase Babel
  Bupati Babar Rapat Koordinasi Tanggulangi Banjir

Tanggulangi Banjir Bangka Barat, Bupati Pimpin Rakor

Reportasebangka.com, Muntok - Bupati Bangka Barat Parhan Ali menggelar rapat koordinasi bersama wakil bupati bangka barat Markus pasca bencana banjir melanda kota muntok, Minggu (11/3/2018) kemaren. Rakor yang dihadiri Ketua...

Baca Selengkapnya