REPORTASE BANGKA

​Tanggap Bencana Palu Dan Donggala, PT Timah Kerahkan Tim ERG

02 Oktober
13:07 WIB 2018

Pangkalpinang – PT. Timah Tbk kembali menurunkan Tim Tanggap Darurat (Emergency Response Group/ERG) bersama Kementerian ESDM untuk membantu korban gempa dan sunami di Donggala dan kota Palu, Sulawesi Tengah.

Hal ini ditandai dengan pelepasan Tim ERG yang meliputi tim survei, evakuasi, medis dan logistik, oleh Direktur Utama PT Timah Riza, di lapangan upacara kantor pusat PT. Timah Tbk, Senin (1/18/2018)

Dalam sambutannya, Riza pengiriman tim ERG PT Timah ke lokasi gempa dan sunami ke Donggala dan Palu merupakan misi kemanusiaan yang selalu dijalankan PT Timah Tbk sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara.

"Apresiasi yang tinggi serta ucapan terimakasih kepada Tim ERG yang akan berangkat hari ini untuk membantu saudara-saudara kita di Donggala dan Palu," ujarnya.

Tim ERG di prioritaskan menjalankan misi kemanusian berupa penyaluran bantuan di daerah yang berdampak cukup parah akibat gempa dan tsunami seperti di kawasan Balaesang Tanjung, Banawa, Banawa Selatan, Banawa Tengah, Labuan, Sindue, Sindue Tombusabora, dan Sindue Tobata.

Tidak hanya menyalurkan bantuan, Tim ERG juga akan memberikan pelayanan kesehatan bagi korban bencana alam yang meliputi kebutuhan bayi dan ibu menyusui, perlengkapan MCK, alat penerangan dan perlengkapan sekolah.

Sementara itu, ketua Tim ERG dr. Yanuar menyatakan musibah ini adalah ujian bagi kita semua, untuk itu dia mengajak tim melakukan pekerjaan dengan ikhlas dan di dasar dengan nilai ibadah.

"Marilah kita luruskan niat untuk membantu korban gempa dan sunami ini, semoga Tuhan memberikan kemudahan bagi semua relawan serta ketabahan bagi korban bencana ini," ujarnya.

Ditambahkan Sekretaris Perusahaan Amin Hari, Ikatan Karyawan Timah (IKT) juga melakukan penggalangan dana di internal perusahaan dan juga masyarakat umum.

Tim ERG PT Timah Tbk dibentuk tahun 2010. Lahirnya tim tanggap bencana ini merupakan puncak dari kegelisahan sejumlah karyawan yang peduli terhadap penyelamatan dan penyaluran bantuan kepada korban-korban bencana yang melanda tanah air.

Meski terhitung baru , namun ERG PT Timah Tbk dalam melaksanan misi kemanusian patut di ancungi jempol.

Tim yang beranggotakan lintas satuan kerja di lingkungan PT Timah ini, pernah diteruskan ke daerah-daerah yang mengalami bencana seperti Gempa Bengkulu tahun 2001, Tsunami Aceh 2004, Gempa Bantul-Yogya 2006, Tsunami Pangandaran 2006, gempa Bengkulu 2007, puting beliung Pangkalpinang 2008,serta serta yang terbaru adalah bantuan kemanusiaan bagi korban gempa Lombok beberapa wktu yang lalu.(Untung)

-