REPORTASE BANGKA

Pemkab Bangka Gelar Bursa Inovasi Desa

15 Oktober
21:09 WIB 2018

Sungailiat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) tingkat Kabupaten Bangka, Kamis (4/10/2018) di Gedung Sepintu Sedulang, Jalan. A. Yani, Sungailiat.

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya BID yang di dalamnya terdapat pertukaran pengetahuan tentang kegiatan yang bersifat inovasi. Diharapkan juga Kepala Desa dibantu BPD, tokoh masyarakat dapat merencanakan pembangunan di Desa lebih bervariasi dan berinovasi untuk menuju kemandirian desa.

"Kepala Desa dapat melihat keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan desa lain dan dapat mengadopsi untuk dilaksanakan di desanya yang disesuaikan dnegan kondisi daerah masing-masing. Diharapkan juga penggunaan dana desa dapat berdampak pada pemenuhan kebutuhan infrastruktur yang berkualitas, peningkatan SDM dan peningkatan ekonomi masyarakat yang pada akhirnya dapat mewujudkan desa yang mandiri secara ekonomi," ungkap Wabup Bangka.

Dikatakannya lagi, untuk mewujudkan hal tersebut harus ada kerjasama dan kepedulian semua pihak untuk mewujudkan desa sejahtera. Kades harus mempunyai komitmen tinggi terhadap program yang akan dilaksanakan di desa dengan memasukkan ke dalam rencana kerja pembangunan desa tahun 2019 untuk menentukan keberhasilan pembangunan pasca bursa.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan di desa dan pada akhirnya diharapkan desa dapat menggunakan dana desa untuk mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat menuju desa mandiri," pungkas Syahbudin.

Sementara itu, Ketua Tim Inovasi Kabupaten, Arman, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka dalam laporannya mengatakan, tujuan umum dari kegiatan tersebut adalah untuk mendorong penggunaan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.

"Untuk tujuan khususnya menyediakan katalisasi pembangunan desa dalam bentuk inovasi/kebaruan dalam praktek-praktek pembangunan desa sebagai sarana pertukaran pengetahuan antar desa, meningkatkan kapasitas pelaku-pelaku pembangunan desa, menyediakan sistem pengelolaan pengetahuan sebagai contoh-contoh inovasi pembangunan desa yang dapat dibagikan antar desa dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa, memperkuat peran pendamping dengan memberikan banyak referensi-referensi inovasi dalam praktek pembangunan dan pertukaran pengetahuan, serta meningkatkan status desa sesuai dengan arah kebijakan dan sasaran Kementerian Desa PDT Transmigrasi pada RPJMN 2015-2019," jelas Arman.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga oleh perwakilan Kepala Dinas PMD Provinsi Babel, perwakilan Polres Bangka, Kejari Bangka, para kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bangka, para camat, serta para tamu undangan lainnya.

-





Berita Terkait
 

Fakultas Teknik UBB Gelar Seminar Nasional

Pangkalpinang - Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung menggelar seminar nasional penelitian dan pengabdian masyarakat dengan tema inovasi sains dan teknologi untuk kemandirian bangsa.Kegiatan yang digelar di Hotel Grand Mutiara, pada...

Baca Selengkapnya