REPORTASE BANGKA

?Kunjungi Polda Babel, Ini Pesan Kapolda Untuk HPI

19 Oktober
09:30 WIB 2018

PANGKAL PINANG, - Dewan Pimpinan Wilayah Himpunan Pewarta Bangka Belitung (DPW HPI Babel) melakukan kunjungan ke Markas Polisi Daerah Babel, Kamis (18/10/2018)

Kedatangan pengurus HPI Babel yang dipimpin oleh Rikky Fermana, langsung diterima Kapolda Babel Brigjend Pol Syaful Zachri, didampingi Kabid Humas Polda Babel, AKBP Abdul Mun'im.

Kedatangan para pengurus HPI Babel ini selain silahturahim, juga sekaligus menyampaikan persiapan pelantikan dan pengukuhan pengurus HPI Babel yang rencananya dilangsungkan November bulan depan.

"HPI Babel hadir sebagai organisasi profesi yang bertujuan memberikan bantuan dan perlindungan hukum kepada Jurnalis, yang menghadapi permasalahan hukum didalam melaksanakan tugas sebagai pewarta,"ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) HPI Babel, Rikky Fermana dihadapan kapolda dan kabid humas saat membuka dialog.

Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas situasi Kamtibmas jelang pemilu 2019 mendatang, dan maraknya peredaran berita bohong (Hoax) serta beberapa isu yang dianggap bisa memicu kerawanan situasi Kamtibmas di Bangka Belitung.

Kapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Brigjend (Pol) Syaiful Zachri mengungkapkan, saat ini berbagai macam upaya dilakukan pihak-pihak untuk mengusik kamtibmas. Salah satunya dengan mengangkat isu soal suku, agama, ras dan golongan (SARA).

"Saat ini Jelang Pemilu 2019, tentunya ada peningkatan situasi politik, maka perlu kebersamaan untuk menjaga suasana kamtibmas, bukan hanya tugas TNI/Polri juga semua lapisan masyarakat juga Pewarta seperti HPI ini khususnya untuk melawan berita Hoax serta isu yang menyangkut Suku, Agama dan Ras," ujar Jenderal Bintang Satu ini.

Dipenghujung diskusi, Kapolda menyarankan agar kegiatan diskusi seperti ini dapat diagendakan secara rutin, dan hasil diskusi dibuat resume agar menjadi referensi untuk menyelesaikan permasalahan di Bangka Belitung ini. (Kentung)

-