REPORTASE BANGKA

PPN Sungailiat Raih ISO9001 Versi 2015

28 Oktober
10:01 WIB 2018

Bangka, - Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat Kabupaten Bangka berhasil sertifikat ISO 9001versi 2015.

Hal itu diutarakan Auditor ISO 9002 Acep Gunawan di kantor PPN Sungailiat,Jumat (26/10).

Menurut Acep Gunawan yang didampingi Yopan dari PPN Sungailiat menerangkan proses penghargaan ISO 9001 merupakan proses implementasi ISO yang sudah dijalankan oleh PPN Sungailiat dengan melaksanakan klausu-klausul atau prosedur kebijakan yang sudah ditetapkan.

Acep juga menjelaskan bahwa pihaknya berada diposisi netral untuk melihat dan memastikan apakah sudah sesuai belum dengan aturan yang terkait dengan ISO 9001versi 2015 dimana yang menitik beratkan pada kepuasan pelanggan yang besinergi dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) yang mempunyai pelayanan yang mana sistem tersebut sudah mendapat pengakuan dunia.

Jadi dalan hal ini ada beberapa sisi pelayanan yang mendapat nilai tambah seperti dokumentasi apakah sudah rapi, pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan target waktunya dan adanya pengevaluasi setiap akhir bulan ungkap Acep Gunawan.

Lebih jauh dikatakannya bahwa ISO9001 versi 2015 bisa digunakan untuk seluruh jenis usaha organisasi, pemerintahan, pihak swasta, rumah sekolah, rumah sakit begitu juga dengan mesjid.

Objek yang di ISOkan itu adalah sistimnya atau standar pelayanan sehingga masyarakat merasa puas atas pelayanan yang diberikan.

Jadi untuk memperoleh ISO9001 itu ada klausul-klausul atau tahapan yakni masalah internal dan eksternal,komitmen management, support terhadap prosesnya, operasionalnya, evaluasi secara keseluruhannya dan prosedur improvmen yang sudah dilakukan, dan apabila ini terpenuhi merupakan dasar bagi auditor untuk memastikan apakah sudah sesuai dengan klausul-klausul tersebut yang nanti akan direkomendasi memperoleh sertifikat ISO9001versi 2015 papar Acep Gunawan.

Ia menambahkan untuk saat sekarang ini ISO di Bangka sudah berjalan sejak 2016 dan PPN Sungailiat sebelumnya sudah memperoleh ISO9001 versi 2008 dan harus di upgrade.

Sebab kata Acep ISO ini terus berubah secara priodik minimal 5 tahun sekali dan sekarang untuk versi 2015 terbit pada tahun 2012 lalu dan tahun ini adalah batas maksimal untuk di upgrading kalau tidak maka sertifikat akan menjadi mati dan tidak berlaku lagi.

Sementara kantor PPN Sungailiat hari kemarin berencana akan mengupgrading sistim untuk versi terbaru dan susah berjalan baik dan saya sudah kebeberapa bagian pelayanan dan susah overhold sesuai dengan klausul-klausul yang diterapkan ISO9001 tersebut, pungkas Acep Gunawan.( Imam Bangka)

-