REPORTASE BANGKA

Ribuan Peserta Tes CPNS Gugur di Babar

09 November
22:24 WIB 2018

Bangka Barat - Empat hari tes, ribuan peserta CPNS gugur dalam tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan di SMANSA Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung.

Dari total 1.115 peserta yang ikut dalam tes SKD tersebut, hanya ada 31 peserta yang lulus.

Kepala BKD Bangka Barat Heru Warsito menjelaskan, dari jumlah yang lulus tes tahap SKD tersebut belum mencukupi target formasi yang diinginkan kemenpan.

"Dari formasi yang ditetapkan Kemenpan RB sebanyak 263, jauh dari ekspektasi kita, memang dikit lah, iya tidak sesuai dengan formasi kita," ujarnya.

Menurutnya, banyaknya peserta yang tidak lulus ini karena banyak gagal di tes kepribadian bukan karena kualitas SDM kita lemah tetapi memang ada faktor faktor lain.

"Karena banyak IP nya yang hebat hebat tapi juga tidak lulus, bukan berarti kualitas SDM nya kita karena kualitas SDM bagus, mungkin ada hal hal tertentu," katanya.

"Waktu ujian tidak pendek, soalnya sudah diperhitungkan itu kalau untuk waktu ujian sudah benar," tambah Heru Warsito.

Heru mengakui meskipun dengan bakal adanya kekosongan formasi yang diakibatkan banyaknya peserta yang tidak lulus, Ia tidak dapat berbuat apa-apa bagi pelamar yang gagal SKD dikarenakan semuanya kembali kepada Panselnas.

"Itu Panselnas yang menentukan jadi kami tidak mau berspekulasi," jelasnya.

Sementara itu untuk total pelamar CPNS di Kabupaten Bangka Barat 1.235 orang dan tersaring di administrasi 1.146 orang dan sisanya tidak hadir dalam tes SKD. (Al_taelor)

-