REPORTASE BANGKA

Wakil Bupati Bangka Hadiri Pertemuan Hak Penyandang Disabilitas

06 Desember
13:24 WIB 2018

Sungailiat - Setiap manusia di dunia ini lahir dengan membawa hak mutlak yang biasa disebut sebagai hak asasi manusia. Hak tersebut merupakan hak yang harus didapat dan dirasakan setiap manusia dalam kondisi apapun dan dimanpun mereka berada.

Hal tersebut dikatan langsung oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, S.I.P., pada Senin (03/12/2018) saat menghadiri kegiatan kampanye sosial pertemuan hak penyandang disabilitas Kabupaten Bangka, yang diadakan di halaman kantor Dinsospemdes Kabupaten Bangka.

Dikatakan Wakil Bupati Bangka, Negara Indonesia menjamin hak-hak dasar seluruh masyarakat, termasuk masyarakat penyandang disabilitas, agar mendapatkan persamaan, perlakukan, dan pelayanan dalam berkehidupan bernegara.

“Hak penyandang disabilitas dalam mendapatkan perlindungan kesempatan kerja sudah diatur dalam UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan perda Kabupaten bangka No. 12 Tahun 2017 tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas,” jelas Wakil Bupati Bangka.

Ditambahkan Wakil Bupati, untuk memperkuat kesadaran bersama tentang peran masyarakat sebagai pelaku utama pemabangunan dalam meningkatkan kepedulian kepada sesama yang memiliki keterbatasan tertentu diperlukan semangat kebersamaan yang kuat.

“Guna meningkatkan kesejahteran sosial para penyandang disabilitas, harus didukung dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan dan kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan, sejalan dengan visi misi Bupati bangka yakni “Bangka Setara” sejahtera dan mulya,” ujar Wakil Bupati.

Dirinya berharap baik pemerintahan dan dunia usaha untuk turut berperan aktif dalam penanganan masalah penyandang disabilitas agar kesejahteraan sosial mereka dapat meningkat. Serta dapat mewujudkan kesejahteraan yang nyata melalui pemberdayaan penyandang disabilitas.

“Dengan keterlobatan para penyandang disabilitas, akan menimbulkan dampak positif dalam pengurangan angka kemiskinan. Karena penyandang disabilitas merupakan sumber daya manusia yang potensial dan perlu diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkembang dan mengaktualisasikan diri dalam aspek kehidupan,” harap wakil Bupati Bangka.

-







Berita Terkait
Lainnya di Reportase Babel