REPORTASE BANGKA

​Ribuan Masyarakat Sungailiat Meriahkan Festival Imlek 2570 di Kelenteng Amal Bakti

05 Februari
08:10 WIB 2019

Subgailiat - Festival Harmoni Imlek 2570 diharap semakin membuat harmoni di masyarakat kian terjaga. Hal ini untuk semakin mengukuhkan kerukunan di Bangka khususnya dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung umumnya yang terjaga sejak dulu.

“Melalui festival ini semoga masyarakat terus menjaga harmoni yang begitu indah, yang ada di provinsi Bangka Belitung. Kalau orang biasa menyebut Fangin-Tongin Jitjong (Melayu-China sama saja),” ungkap Panitia Festival Harmoni Imlek 2570, Ahmadi di sela-sela kegiatan yang berlangsung di Kelenteng Amal Bakti Jalan Laut Sungailiat, Senin malam (4/2/2019).

Pada kesempatan itu, ia menghaturkan terimakasih kasih kepada pemerintah dan donatur yang ikut serta dalam mensukseskan dan mendukung acara ini. Festival ceria Imlek menyongsong lebaran Imlek diisi dengan berbagai kegiatan seperti festival seni budaya, riasan lampion, bazar, lombo foto dan lain-lain.

“Semoga even ini lebih meriah dan terlebih lagi menjadi icon dari Bangka khususnya dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada umumnya,” sebut Ahmadi

Festival Harmoni imlek di kelenteng Amal Bakti Jalan Laut sungailiat senin malam tadi juga turut di hadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, Wakil Bupati Bangka, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka.

Yusak salah satu panitia kegiatan mengatakan, persiapan yang mereka lakukan untuk menyambur malam Imlek ini sudah sejak satu bulan yang lalu, perayaan imlek pada tahun 2019 ini mereka maknai dengan istilah Babi Tanah.

“ Masyarakat percaya bahwa Babi Tanah adalah membawa keberuntungan yang sangat bagus untuk karir, kesehatan dan sebagainya,” ungkap Yusak.

Kegiatan Festival Harmoni Imlek 2570 di Jalan Laut Sungailiat tadi malam juga di meriahkan berbagai kegiatan, mulai dari pertunjukan Dance, pertunjukan barongsai serta di akhiri dengan pesta kembang api. ( mau )

-