REPORTASE BANGKA

Lahan Eks Tambang Timah Tempat Wisata Baru di Bangka

Lahan Eks Tambang Timah yang disulap jadi tempat wisata Lahan Eks Tambang Timah yang disulap jadi tempat wisata
09 Maret
19:25 WIB 2019

Sungailiat - PT. Timah Tbk terus melakukan penataan terhadap lokasi eks penambangan Timah di Provinsi Bangka Belitung. Seperti lahan eks tambang di Air Jangkang, Desa Riding Panjang, Kabupaten Bangka, kini di sulap menjadi destinasi wisata baru di pulau Bangka.

Kawasan seluas 31 hektar lebih ini, kini telah berubah menjadi taman rekreasi dengan beragam fasilitas penunjang bagi wisatawan.

Selain terdapat kolang yang disulap sebagai wahana permainan air, di lokasi tersebut juga terdapat kandang-kandang satwa khas Bangka - Belitung seperti lutung, buaya, dan rusa.

Di lokasi reklamasi ini juga, pengunjung melihat perkebunan jambu, pepaya dan pembibitan tumbuhan lainnya.

Direktur Utama PT Timah Tbk Riza Pahlevi Tabrani mengatakan kawasan reklamasi Air Jangkang masih akan terus dikembangkan.

"Disini juga ada berbagai jenis ikan yang di budi dayakan di eks kolong, selain itu, kawasan ini bekerjasama dengan Alobi Fondation dalam melakukan penangjaran satwa, juga dilokasi ini ditanam pohon pelawan," ujar Riza Pahlevi, saat ditemui di reportasebangka.com, Rabu (6/3)

Kedepannya lokasi ini akan menjadi kawasan wisata yang aman bagi semua kalangan yang berkunjung ke lokasi wisata ini.

"Harapannya kedepan lokasi ini akan menjadi mini zoo (kebun binatang mini) lokasi ini juga menjadi area pelastarian hewan dan tumbuhan," tutup Riza Pahlevi. (unt/unt)

-





Lainnya di Reportase Babel
 

Kelompok Tani Mekar Panen Padi di Lahan Eks Tambang

Sungaliat - Kabupaten Bangka miliki Kelompok Tani (Poktan) yang mampu memanfaatkan lahan bekas tambang timah untuk lahan menanam padi. Meskipun lahan bekas tambang Timah dianggap bersifat marginal (tidak terlalu menguntungkan),...

Baca Selengkapnya