REPORTASE BANGKA

​Zuristyo Pembangunan Jembatan Teluk Kelabat Akan Tingkatkan Sektor Ekonomi di Pulau Bangka

19 Maret
11:37 WIB 2019

Pangkalpinang - Wacana pembangunan jembatan Teluk Kelabat, yang menghubungkan Kabupaten Bangka dan Bangka Barat harus terealisasi.


Pembangunan jembatan Teluk Kelabat dianggap penting, sebagai akses pendistribusian kebutuhan pokok dan pemerataan pembangunan khususnya di dua kabupaten tersebut.


Hal ini disampaikan caleg DPR-RI Partai Nasdem Dapil Bangka Belitung Zuristyo Firmadata saat dimintai tanggapan terhadap rencana pembangunan jembatan Teluk Kelabat.


"Nantinya, jika jembatan Teluk Kelabat ini terealisasi sangat membantu perekonomian di wilayah utara bangka dan bagian barat," ujar Bang Tyo, sapaan akrab Zuristyo.


Dengan detail, ketua DPW Nasdem Babel ini menjelaskan efek dari pembagunan jembatan penghubung dua kabupaten tersebut.


"Selama ini untuk mengirimkan kebutuhan pokok ke daratan Jebus menggunakan jalur laut yang memakan waktu sekitar 15-20 menit, sedangkan melalui jalur darat itu memakan waktu berjam-jam, bayangkan jika jembatan ini terealisasi, tentunya akan memotong jalur distribusi kebutuhan pokok,"ujarnya.


Direncanakan Jembatan Teluk Kelabat dibangun dengan konstruksi cable stayed atau jembatan kabel sepanjang 1,7 km dan lebar 12 meter, dengan estimasi biyaya mencapai 1 Triliun


"Tentunya akan banyak manfaat dari pembangunan jembatan ini, bisa menjadi icon Bangka Belitung seperti jembatan Suramadu di Surabaya atau jembatan Balerang di Batam, dan kawasan tersebut akan menjadi kawasan wisata baru di Babel," kata pengusaha asal Bangka Barat ini.


Masih dikatakan Bang Tyo, renacan ini harus terealisasi dengan mendorong pihak-pihak terkait untuk melakukan percepatan pembangunan jembatan Teluk Kelabat.


"Selain sejalan dengan visi pemerintah yang gencar membangun infrastruktur daerah, juga sebagai sarana pendukung memujudkan pembentukan Kabupaten Bangka Utara yang sedang diperjuangkan masyarakat Utara Bangka,"tutup Tyo. (unt/unt)

-