REPORTASE BANGKA

​Cek Kesiapan Pemilu Kapolda Babel Kunjungi TPS di Pangkalpinang

05 April
15:42 WIB 2019

Pangkalpinang - Jelang Pemilu 2019, Kapolda Bangka Belitung Brigjen (Pol) Istiono melakukan pemantauan TPS di wilayah hukum Polres Pangkalpinang, Bangka. Kapolda Babel beserta rombongan cek TPS dengan bersepeda.


Didampingi wakapolda Kombes (Pol) Djoko Erwanto dan Walikota Pangkalpinang Maulan Akil serta pejabat utama Polda Babel, kegiatan dimulai di halaman Polres Pangkalpinang.


Dengan menggunakan sepeda, Kapolda beserta rombongan langsung meninjau TPS 07 yang berlokasi di Kelurahan Kejaksaan, Kecamatan Taman Sari, Pangkalpinang.


Di TPS 07, KPPS menjelaskan kepada rombongan proses dari pendaftaran pemilih sampai dengan perhitungan suara.


"Dari keterangan petugas KPPS, kami memprediksi bahwa proses pencoblosan sampai dengan perhitungan suara, bisa berlangsung hingga malam hari dengan estimasi waktu 6 jam proses pemungutan suara," jelas Kapolda, Jumat (5/4/2019).


Dikatakan Kapolda, kunjungan ke TPS-TPS untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan aman dan lancar.


"Selain itu, saya ke sini untuk memastikan kesiapan anggota Polri dalam mengamankan TPS dan sekaligus memotivasi anggota KPPS dalam bertugas," terang Jendral Bintang Satu ini.


Kapolda Babel, juga melakukan peninjauan ke TPS 04 yang berada di Kelurahan Masjid Jamik, Kecamatan Rangkui.


Di TPS yang memiliki 286 mata pilih ini, Kapolda disambut oleh Kapolsek Bukit Intan AKP Adi Putra dan langsung melakukan peninjauan dan melihat kelengkapan TPS serta mendengarkan penjelasan anggota KPPS.


"Setelah mendapat penjelasan dari dua TPS ini insyaallah pemilu 17 April 2019 mendatang di Bangka Belitung berlangsung lancar, juga kami harapkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya," terang Jenderal Bintang Satu ini.


Mengenai adanya, isu yang menyebutkan TPS akan diawasi oleh kelompok orang tertentu, mantan wakapolda ini mengatakan bahwa Polri bersama TNI sudah cukup untuk mengamankan proses demokrasi lima tahunan ini.


"Percayakan kepada kami TNI/Polri untuk mengamankan Pemilu ini, insyaallah semuanya berjalan lancar," tutup Kapolda didampingi Dandim 0413/Bangka Letkol Arm Riski Budianto. (unt/unt)

-