REPORTASE BANGKA

​Pemprov Babel Apresiasi Bantuan Dana Kemitraan PT Timah untuk Petani

30 Mei
10:21 WIB 2019

Pangkalpinang -

Pemprov Bangka Belitung (Babel) memberikan apresiasi salah satu penerima dana kemitraan semester pertama tahun 2019, PT Timah Tbk di bidang pertanian. Bantuan kemitraan itu dinilai sangat membantu peningkatkan produksi petani dan mengurangi ketergantungan impor masyarakat daerah.


“Bantuan modal usaha untuk petani ini dapat mendukung program pemerintah daerah. Terutama dalam mewujudkan swasembada pangan,” ujar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Babel, Yanuar saat penyerahan dana program kemitraan PT Timah Tbk di gedung Graha Timah Pangkalpinang beberapa waktu lalu.


Yanuar berharap, para petani bisa memanfaatkan bantuan dana program kemitraan PT Timah Tbk itu dengan sebaik-baiknya.


“Kita harap bantuan kepada petani dapat memudahkan mereka mengembangkan usahanya. Dan dimanfaatkan dengan tepat, "jelasnya.


"Sejauh ini, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat seperti beras, cabai, bawang merah dan sayur mayur lainnya masih dipasok dari Pulau Jawa dan Sumatera, karena hasil pertanian lokal yang masih kurang," tambahnya.


Sementara itu, untuk dana program kemitraan semester pertama di tahun 2019 yang disalurkan PT Timah Tbk (Tins) ke sektor perikanan sebesar Rp 448 juta, peternakan Rp 130 juta, pertanian Rp 30 juta dan perkebunan sebesar Rp 335 juta.


“Penyaluran dana kemitraan petani tahun ini agak menurun. Karena permohonan bantuan yang diajukan petani kurang," kata Kepala Bidang Kemitraan PT Timah Tbk, Erwan Sudarto.


Erwan menilai, ada petani mengajukan permohonan bantuan masih ragu-ragu. Pasalnya, ada budaya petani yang tidak mau berhutang dan berurusan dengan pihak lainnya dalam mengelola pertaniannya.


“Untuk itu, akan terus kita dorong untuk petani mengakses bantuan ini. Melalui sosialisasi dan pendekatan ke kelompok tani, kepala desa dan organisasi masyarakat lainnya,” imbuhnya.


Sebelumnya, sebanyak 224 usaha kecil menengah (UKM) mitra binaan PT Timah Tbk menerima dana program kemitraan semester pertama 2019. Total ada Rp 7,2 miliar dana yang disalurkan PT Timah untuk pengembangan usaha UKM.


"Semester pertama UKM yang menerima yakni di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Kepulauan Riau dan Riau," jelas Kepala Bidang Kemitraan PT Timah, Erwan Sudarto, Selasa (28/5/2019) di Graha PT Timah. (red/red) 

Tags :

-