REPORTASE BANGKA

Belajar Sejarah Timah Ratusan Peserta Bintal Juang Remaja Bahari Kunjungi Museum Timah

Peserta Bintal Juang Remaja Bahari (foto/ist) Peserta Bintal Juang Remaja Bahari (foto/ist)
04 Juli
00:07 WIB 2019

Pangkalpinang - Untuk menambah wawasan seputar pertambangan bijih timah di Provinsi Bangka Belitung (Babel), 600 pelajar Sekolah Menengah Atas yang mengikuti kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari 2019, mengunjungi PT Timah Tbk. Kedatangan ratusan pelajar ini disambut GM Produksi PT Timah Babel, Ahmad Syamhadi di Gedung Graha Timah.

Dikatakan Satgas Bintal Juang Remaja Bahari, Kolonel (L) Binsar M Sirait dipilihnya PT Timah lantaran merupakan BUMN yang begerak di pertambangan Timah terbesar di Indonesia.

"Sengaja kami kesini, agar para pelajar ini tahu bahwa Indonesia mempunyai tambang timah terbesar sejak zaman kolonial Belanda hingga saat ini Bangka Belitung menjadi eksportir timah seluruh dunia," kata Binsar dalam sambutannya, Rabu (3/7/2019).

Dalam lawatannya kali ini, peserta kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari 2019 ini, akan mengunjungi Museum Timah, Menara Air dan tempat bersejarah lainnya yang ada di Kota Pangkalpinang.

Terpisah, GM Produksi PT Timah Babel, Ahmad Syamhadi menyambut baik kedatangan ratusan siswa ini. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan program yang luar biasa untuk menciptakan generasi cinta tanah air.

"Suatu hal yang luar biasa, program ini selain menciptakan generasi yang cinta akan tanah Air juga sebagai informasi bahwa bumi Indonesia khususnya Babel kekayaan SDA begitu berlimpah," sambut Ahmad Syamhadi.

Kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari digelar dalam rangka membentuk sikap mental para remaja dan generasi muda, dengan sikap mental kejuangan bahari serta menciptakan jiwa persatuan dan kesatuan.

Kali ini, 600 peserta yang berasal dari Sekolah Menengah Hang Tuah, SMA Labschool Rawa mangun, SMA Al Azhar Syifa Budi Tambun Bekasi, SMK Pariwisata Metland, SMA Darul Hikam, berkunjung ke Bangka dengan menggunakan KRI Semarang-54.

(unt/unt)

-