REPORTASE BANGKA

​Keren, PT Timah Kembangkan Agrowisata di Lahan Eks Tambang

09 Juli
10:23 WIB 2019

BANGKA - PT. Timah Tbk kembali melakukan inovasi pengembangan kawasan wisata baru di provinsi Bangka Belitung.


Setelah menyulap lahan eks tambang di kawasan Air Jangkang, Desa Riding Panjang, Kabupaten Bangka, menjadi taman rekreasi dan penangkaran satwa liar khas Bangka Belitung


Kini hal serupa juga dilakukan di Air Nyatoh, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, BUMN ini sedang melakukan penataan dan penambahan fasilitas di lokasi tersebut untuk dijadikan kawasan wisata baru di Bangka Belitung.


Untuk menjangkau Taman reklamasi Air Nyatoh ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 83 KM dari Kota Pangkalpinang


Dilokasi seluas 15,8 hekatara ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan birunya air danau eks penambangan timah, juga para wisatawan akan disuguhkan teduhnya kawasan yang dipenuhi oleh berbagai jenis pepohonan.


Selain itu, dikawasan Taman Reklamasi Air Nyatoh, Pengunjung juga dapat melihat peternakan sapi dan tambak ikan.


Kedepannya kawasan Air Nyatoh akan dikembangkan menjadi kawasan agrowisata, saat ini berbagai jenis buah-buahan serta aneka sayuran sedang dikembangkan di kawasan tersebut.


Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung Taman Reklamasi Air Nyatoh secara bertahap akan disiapkan musolah, gazebo, fasilitas olahraga Air dan fasilitas lainnya.


Pengembangan lahan eks tambang menjadi lahan produktif terus dilakukan PT Timah di berbagai wilayah di propinsi Bangka - Belitung


Disampaikan Direktur Utama PT Timah,Tbk Riza Pahlevi pihaknya juga menggandeng komunitas pecinta satwa liar Yayasan Pelestarian Flora dan Fauna Bangka Belitung (Alobi)


"Selain terus dilakukan reklamasi pada lahan pasca tambang, juga kami akan membuka Taman taman reklamasi eks tambang lainnya di Bangka Belitung menjadi kawasan wisata baru, yang nantinya akan banyak dikunjungi wisatawan," ujarnya. (unt/unt)

Tags :

-