REPORTASE BANGKA

Penjualan Sirup Jeruk Kunci Mirrando Tembus Pasar Nasional

Sirup Jeruk Kunci Mirrando Sirup Jeruk Kunci Mirrando
11 Juli
21:19 WIB 2019

Pangkalpinang - Jeruk merupakan buah yang terkenal kaya akan kandungan vitamin C-nya. Selain itu jeruk bisa diolah dan dikemas menjadi minuman segar.


Minuman olahan buah jeruk memang selalu banyak peminatnya. Jeruk kunci misalnya, di Provinsi Bangka Belitung (Babel) seorang ibu rumah tangga membuat bisnis Sirup dari Jeruk Kunci.


Namanya Ibu Herawati, yang memulai usaha sirup jeruk kunci pada tahun 2012 lalu hingga saat ini usaha yang digelutinya semakin berkembang.


Sempat mengalami jatuh bangun dalam membangun usaha, tak lantas membuatnya patah arang. Justru kendala yang dihadapinya membuatnya semakin terpecut untuk maju dan mengembangi sayap usahanya.


"Awal tahun 2012 saya memulai usaha ini dan belum ditekuni secara serius, karena jujur kita masih terbentur pemasaran dan modal," ujar Ibu Herawati.


Dua tahun berjalan, usaha sirup jeruk kunci yang dikelolanya masih jalan ditempat, pemasaran produk hanya sebatas toko di seputar Pangkalpinang.


"2014 sempat terfikir usha ini mau dilanjutkan atau tidak lantaran tidak ada perkembangan, harapan muncul saat seorang sahabat menceritakan bahwa BUMN PT Timah,Tbk menerima mitra binaan UKM," terang Herawati.


Dirinya sempat ragu saat hendak menjadi mitra binaan PT Timah, lantaran tidak mampu untuk membayar angsuran bulannya.


Keraguan itu sirna, saat saya rutin mengikuti seminar bisnis yang diadakan PT Timah, mereka tidak hanya memberikan modal tetapi juga mendampingi bisnis yang saya geluti.


"Dulu saya hanya produksi jeruk satu minggu sekali, karena kurang modal, tetapi saat ini saya setiap hari produksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen," tuturnya.


Bahkan kini dirinya kini sudah menjadi mitra binaan sebanyak 3 kali, dan dirinya merasa sangat terbantu baik dari promosi dan pemasaran semenjak menjadi mitra binaan.


"Kami sering diikut sertakan dalam pameran-pameran ke luar daerah dan pelatihan-pelatihan secara cuma-cuma yang dilakukan PT Timah," singkatnya.


Saat ini dengan brand Sirup Jeruk Kunci Mirrando dirinya sudah mampu mempekerjakan penduduk setempat, bahkan untuk pemasaran sudah menembus pasar nasional.


"Untuk perkeja saat ini mencapai 6 orang dan itu bisa bertambah jika jeruk yang kita datangkan dalam partai besar, dan saat ini kami mempunyai seller di Jakarta untuk memasarkan produk khas Bangka ini," beber Herawati.


Kini, usaha jeruk yang telah mengantongi sertifikasi halal dari MUI dan BPOM ini menjual dengan kemasan botol 150 ml dan 1 liter yang siap dipasarkan.


"Untuk harga jual sangat terjangkau ukuran 150 ml kami jual 20 ribu dan ukuran 1 liter dijual 100 ribu dan ini sangat cocok untuk oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Bangka," promosi Herawati.


Selain dijual dengan cara di titipkan di toko, warung kopi ataupun swalayan dirinya juga memasarkan produk Jeruk Nipis Mirrando melalui jejaring sosial Facebook maupun Instagram.


"Tujuannya, produk sirup Jeruk ini bisa dinikmati segala lapisan masyarakat dan juga untuk memperluas jaringan penjualan," singkat Herawati.


Dirinya berharap kedepan PT Timah dapat membuka galeri UKM di Kota Pangkalpinang yang menjual produk-produk hasil dari mitra binaan.


"Suatu saat nanti, juga bisa dibangun semacam galeri UKM yang dikelolah PT Timah, ini sangat memudahkan wisatawan untuk berbelanja aneka produk UKM," tutup Herawati. (unt/unt)

-