REPORTASE BANGKA

Program Siswa Mengenal Nusantara, PT Timah Ajak Siswa Lebih Mencintai Budaya Indonesia

15 Agustus
14:09 WIB 2019

Pangkalpinang - PT Timah, Tbk kembali mendukung program kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam merealisasikan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan program pertukaran pelajar. Program SMN ini merupakan salah satu kegiatan dalam BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) 2019, SMN yang dilaksanakan di Babel dan Sulawesi Tenggara akan berlangsung selama sepekan

Tahun ini PT Timah menfasilitasi pertukaran pelajar dari Provinsi Bangka Belitung dengan Provinsi Sulawesi Tenggara yang berlangsung selama 7 hari dari tanggal 15 Agustus 2019 hingga 25 Agustus mendatang.

Sebanyak 23 pelajar terbaik dari SMA/SMK/SLB dari seluruh kabupaten dan kota di provinsi Bangka Belitung mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN)

Rangkaian SMN dimulai dengan pisah sambut pelajar dari Bangka Belitung dan Sulawesi Tenggara yang diselenggarakan di Graha Timah, pada Kamis (15/8) Pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur PT Timah M.Riza Pahlevi, PJ Sekda Babel Yulizar, Staf ahli Walikota Sarbini, Kasrem 045/Gaya serta perwakilan dari BUMN dan Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil.

Direktur utama PT Timah Tbk M.Riza Pahlevi yang juga CO- PIC pada program Siswa Mengenal Nusantara, mengatakan bahwa kegiatan SMN untuk menciptakan rasa cinta terhadap Indonesia.



"Melalui SMN, peserta asal Bangka Belitung semakin mengenal ragam kebudayaan, pariwisata di Indonesia, begitu juga peserta dari Sulawesi Tenggara bisa lebih mengenal lebih dekat budaya, kuliner, wisata di Babel ini," ucap Riza Pahlevi dalam sambutannya.

Menurut dia, kegiatan itu mempunyai nilai luar biasa dan dengan cara seperti itulah siswa akan benar-benar bisa membangun serta mengontruksi pendidikan karakter.

"Kalian akan tahu betapa besarnya keragaman budaya, bahasa dari belahan nusantara lainnya dan harus kita sadari betapa besarnya pengorbanan pahlawan untuk menyatukan nusantara ini," ujar Riza Pahlevi.

Sematara itu, Community Devloment Antam Sulawesi Tenggara Berry Parilusa yang juga CO- PIC Sulteng, mengucapkan terimakasih sambutan yang luar biasa dari PT Timah, Pemprov Babel dan masyarakat Babel pada umumnya.

"Melalui program ini selain mengenal kebudayaan Babel, juga peserta akan dikenakan dengan BUMN di Bangka Belitung seperti PT Timah, Surveyor Indonesia, Jasindo serta BUMN lainnya yang ada di Babel, kami harapkan juga kegiatan ini berlangsung lancar dan jaga nama baik provinsi Sulteng,"kata Berry Parilusa.

Terpisah PJ Sekda Babel Yulizar Adnan mengucapkan terimaksih kepada BUMN uang telah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal nusantara.

"Kepada para siswa manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan sampaikan kepada warga di Sulteng bahwa Babel memiliki tempat wisata yang indah, masayarakat yang ramah," tutup Yulizar Adnan.

Pada kegiatan pembukaan SMN 2019 ini, juga ditampilkan Tarian tradisional dari Babel dan Sulteng yang dibawakan oleh para pelajar peserta SMN. (unt)

Tags :

-