REPORTASE BANGKA

Lomba Burung Berkicau Timah Cup II Resmi Dibuka

17 Agustus
18:05 WIB 2019

Pangkalpinang - Lomba Burung Berkicau Timah Cup Ke II resmi dibuka. Ratusan pecinta burung berkicau Bangka Belitung berkompetisi memperebutkan trofi dan hadiah jutaan rupiah yang disiapkan panitia.


Ada tiga kelas yang diperlombakan, yaitu kelas 1 PT Timah bersama masyarakat, kelas IKT dan kelas bahagia. Sedangkan untuk jenis burung yang dilombakan yaitu murai batu, kacer, love bird, love bird balibu, kenari dan konin.


Ketua Ikatan Karyawan Timah (IKT), Fauzi Trisana membuka secara resmi Lomba Burung Berkicau Timah Cup Ke II. Menurut Fauzi, semangat yang melatar belakangi digelarnya festival dan lomba kicau burung adalah sinergi dan harmoni sesuai dengan tagline HUT PT Timah ke-43 sekaligus HUT ke-74 Republik.


"Kami yakin komunitas burung adalah salah satu komunitas besar yang masih eksis sampai sekarang. Keinginan kami seluruh peminat, penggemar dan penghobi kicau mania di daerah kita bisa berpartisipasi dan saling bersilaturahmi," ujar Fauzi, di halaman parkir Kantor Pusat PT Timah di Pangkalpinang, Sabtu (17/8/2019).

Dalam event tersebut, pihaknya juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menjaga ekosistem alam dengan cara menghindari perburuan unggas dengan cara negatif seperti penembakan. IKT, lanjutnya, turut mendorong terciptanya sistem penangkaran yang baik sehingga kelestarian ekosistem dapat terus terjaga.


"Selain itu kami meyakini pemeliharaan serta perawatan unggas yang baik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat karena ada hubungan yang saling menguntungkan antara penghobi burung dengan pelaku usaha pakan burung dan perlengkapannya,” jelas Fauzi.


Diakhir sambutannya, Fauzi mengharapkan jalanan perlombaan berjalan sportif. "Harapannya lomba kali ini berjalan sportif dan para pemenang mendapatkan apresiasi yang luar biasa," tutup Fauzi.

-