REPORTASE BANGKA

Kisah Mitra Binaan PT Timah Sukses Berbisnis Rias Pengantin Hingga Buka Warung Makan

26 September
00:48 WIB 2019

Koba - Meraih kesuksesan melalui bisnis adalah impian. Apa lagi bisnis itu dimulai dari nol tentu membuat kita kagum. Nah bagaimana jika melanjutkan bisnis keluarga, tentunya bukan hal yang mudah dan banyak perbedaan prinsip-prinsip.

Di Kabupaten Bangka Tengah ada seorang wanita yang sukses melanjutkan bisnis dari orang tuanya. Kesuksesan yang diraih sekaligus menepis anggapan bahwa bisnis keluarga tidak bisa bertahan lama di generasi kedua.

Namanya, Eva Sawitri warga Desa Simpang Katis, Kecamatan Simpang Katis. Eva sukses setelah bertekad melanjutkan bisnis rias pengantin dari orang tuanya.

Bisnis tata rias pengantin ini termasuk bisnis jasa yang menjanjikan banyak keuntungan dan cukup mudah dijalankan serta tidak memerlukan begitu banyak modal untuk menjalankannya. Satu diantaranya harus memiliki kemampuan merias.

Keberadaan perias pengantin dalam suatu acara pernikahan pun merupakan salah satu hal yang wajib dipersiapkan. Agar pasangan mempelai terlihat seperti raja dan ratu di hadapan tamu undangan.

Hal tersebut yang melatari mitra binaan PT Timah, Tbk menggeluti usaha rias pengantin. Kini usahanya itu sudah berjalan selama 15 tahun sampai saat ini.

"Saya mengerjakan tata rias ini bersama dengan dua tenaga kerja di lingkungan sekitar," ucap Eva Sawitri.

Saat ini usaha yang dikelolahnya sudah memiliki pelanggan hingga ke pelosok Desa di Pulau Bangka. Paket yang ditawarkan cukup bervariasi diantaranya paket 15 juta, 12 juta dan 8 juta sangat terjangkau bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Eva Sawitri rias pengantin.

"Kami menawarkan beragam paket dengan harga murah dan tentunya berkualitas dengan make up dan tata rias ter update," tutur Eva Sawitri, berpromosi.

Sebagai generasi kedua, Eva bertekad mengembangkan bisnis keluarganya. Bahkan, Eva juga membuka usaha rumah makan yang sudah dijalani selama 6 tahun.

"Usaha ini (rumah makan) saling beriringam dengan rias pengantin, juga bisa memesan makanan untuk resepsi pernikahan," katanya.

Di penghujung wawancara, Eva Sawitri mengucapkan terimaksih kepada BUMN PT Timah, Tbk yang telah memberikan bantuan modal bagi dua usaha yang dikelolahnya ini.

"Saat ini usaha kami semakin berkembang, berkat modal yang kami peroleh dari menjadi mitra binaan PT Timah," tutup Eva Sawitri. (unt/unt)

-