REPORTASE BANGKA

​Cetak Uang Palsu Pemuda Asal Pangkalpinang Diciduk Buser

07 November
19:31 WIB 2019

Pangkalpinang - Jajaran Polres Pangkalpinang berhasil menangkap seorang pemuda pengedar dan pencetak uang palsu di wilayah Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel).


FP (22) warga Ampui, Kecamatan Pangkalbalam Pangkalpinang diamankan di sebuah hotel di Kelurahan Bintang, Kota Pangkalpinang, Kamis (7/11/2019). Penangkapan itu dipimpin langsung Kanit Buser Polres Pangkalpinang, Aiptu Mardi Bule.


Kasus peredaran upal ini terbongkar dari laporan RA kasir X-Trame Bar yang menerima uang palsu dari pengunjung bernama AG yang hendak membayar tagihan minuman, Sabtu (2/11) malam. Pihak kepolisian yang mendapat laporan langsung melakukan penyelidikan.


Melalui nyanyian AG, diketahui uang palsu di dapat dari seorang perempuan dibawah umur yang berinisial RZ (17).


Setelah dilakukan pendalaman RZ mengaku uang tersebut di dapatkan dari FP yang melakun open boking (BO) via akun facebook dengan menggunakan nama samaran Prabu Arjuna, lewat akun Facebook tersebut Polisi berhasil melacak keberadaan pelaku dan berhasil dirungkus.


Kabag ops Polres Pangkalpinang Kompol Jadiman membenarkan penagkapan pelaku pembuat uang palsu. Ia menjelaskan bahwa saat diamankan pelaku tidak melakukan perlawanan.


"Sudah diamankan pelakunya tadi pagi, saat ini masih dilakukan pemeriksaan dan kasus ini masih dalam pengembangan untuk mengetahui ada tidaknya keterlibatan pihak lain," terang Kabag OPS saat dikonfirmasi.


Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti uang pecahan Rp 100 ribu sebanyak 6 lembar, handphone, 1 buah laptop, tas dan printer yang digunakan untuk membuat uang palsu.


Saat berita ini diturunkan pelaku masih dilakukan pemeriksaan. Pelaku didampingi penasehat hukumnya sedang menjalani pemeriksaan. (unt/red)

Tags :

-





Lainnya di Kriminal