REPORTASE BANGKA

​8 Kali Mencuri Besi, 3 Anak Dibawah Umur Diciduk Polisi

11 Januari
15:36 WIB 2020

Pangkalpinang - Buser Polres Pangkalpinang mengamankan tiga Anak Baru Gede (ABG) dibawah umur lantaran melakukan pencurian besi di sebuah bengkel las di Jalan Polwan, Kelurahan Dul Kecamatan Pangkalan Baru, Kota Pangkalpinang, Bangka.


Ketiga pelaku NN (15) MA (15) dan YP (16) diamankan tim yang dipimpin Kanit Buser Polres Pangkalpinang Aiptu Mardi Bule Jumat (10/1/2020) sore di Jalan Bandara Lama, Gang Cempaka, Kelurahan Dul, Kecamanan Pangkalan Baru, Bangka Tengah.


"Peristiwa pencurian terjadi 29 Desember 2019 lalu dan pelapor melaporkan ke Polsek Pangkalan Baru pada 31 Desember 2019 lalu," terang Kabag OPS Polres Pangkalpinang Kompol Jadiman Sihotang, Sabtu (11/1/2019)


Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan informasi dari warga yang menyebutkan keberadaan tiga pelaku sedang berada di sekitar bandara lama pada pukul 16.00 Wib.


"Mendapat informasi tersebut anggota kami Aiptu Mardi Bule bersama anggota melakukan lidik untuk memastikan keberadaan pelaku dan setelah informasi A1 tim buser meringkus pelaku saat sedang nongkrong di sebuah teras rumah," jelas Jadiman Sihotang.


Dari hasil introgasi pihak kepolisian, para pelaku hanya mengaku mendapatkan besi hanya 50 kg, dan selanjutnya dijual ke pengumpul barang bekas di sekitar perumahan Bukit Intan Asri.


"Dari hasil penjualan pelaku ini mendapat uang Rp 150.000 dan selanjutnya dibagi 3," lanjut Sihotang.


Diketahui, ketiga pelaku ini bukan hanya sekali melakukan pencurian tetapi sudah mencuri sebanyak 8 kali di lokasi yang sama.


"Pelaku ini juga pernah kepergok pemilik bengkel las saat akan mencuri, pelaku menggunakan motor scoopy dan membawa gerobak di belakangnya sementara satu pelaku lainnya menunggu motor sedangkan dua pelaku lainnya mengambil besi," tutup Sihotang.


Terpisah, pelaku YP mengatakan melakukan pencurian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


"Uangnya digunakan untuk membeli makanan, ada juga digunakan untuk bersenang-senang," ungkap YP singkat


Selain mengamankan pelaku, Polisi juga mengamankan barang bukti berupa 1 sepeda motor honda scoopy warna putih BN 6147 SE, jaket jamper warna hitam, gerobak untuk tempat rongsokan.


Sebelumnya, pemilik bengkel Lubin (39) warga Desa Beluluk ini, melaporkan kehilangan sejumlah besi sebanyak 26 batang, dengan rincian besi holo 12 batang, besi pipa 8 batang, besi IWF baja 6 potong dan akibat pencurian ini korban mengalami kerugian sebesar 4.500.000 (Empat juta lima ratus rupiah). (unt/unt) 

Tags :

-





Lainnya di Kriminal
 

Tiduri Anak Dibawah Umur, LI Dipolisikan

REPORTASE, Pangkalpinang - SG (37) warga Tanjung Gunung mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisan Polres Pangkalpinang, Rabu (9/8/2017)Kedatangan SG ini di dampingi ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah Babel Sapta Qodariah, untuk melaporkan...

Baca Selengkapnya