REPORTASE BANGKA

Melalui Video Musik Dambus, Bhayangkari Polres Pangkalpinang Lestarikan Musik Tradisional Babel

foto/ist foto/ist
22 Januari
16:53 WIB 2020

Pangkalpinang - Setelah sukses dengan senam bedincak khas Bangka Belitung beberapa waktu yang lalu, kini pengurus Bhayangkari Cabang Pangkalpinang merilis video musik dambus.

Video yang berdurasi 3 menit ini, kini beredar di media sosial instagram, facebook maupun layanan WhatsApp juga akan di relase resmi di channel youtube.

Mengambil lokasi shooting di Puri Tri Agung Pantai Tikus, Sungailiat dan kawasan Bangka Botanical Garden, Pangkalpinang, nampak grup dambus yang dipimpin Ketua Bhayangkari Cabang Pangkalpinang, Nisa Iman Risdiono sangat apik memainkan alat musik tradisional seperti Accordion, dambus dan gendang.

Selain menampilkan kemahiran petikan bermain dambus, ibu-ibu Bhayangkari juga menyanyikan dua lagu Zapin Melayu dan Abu Samah, nuansa melayu bertambah kental dengan balutan pakaian tradisional khas Bangka Belitung dan seragam khas Bhayangkari.

Kapolres Pangkalpinang AKBP Iman Risdiono Septana mengatakan video musik tradisional dambus diproduksi pada bulan Januari 2020.

"Ini untuk melestarikan seni budaya di Bangka Belitung juga mengenakan wisata pantai Babel agar lebih dikenal di dalam dan luar negeri," kata Kapolres, Rabu (22/1/2020)

Dikatakan Kapolres, nilai lebih dari video kesenian dambus ini adalah para personel grup dambus Bhayangkari bukan merupakan warga asli Babel.

"Ini merupakan hal yang luar biasa, hanya ada 2 ibu-ibu yang merupakan putri daerah Babel dan personil lainya dari luar Babel, mereka bekerja keras untuk melestarikan kesenian dambus ini dan hasilnya luar biasa," tutup Kapolres. (UNT)

-





Berita Terkait
Lainnya di Reportase Babel