REPORTASE BANGKA

​Hasil Rapid Test, Istri Pasien 1431 Asal Toboali Dinyatakan Positif COVID-19

02 April
01:17 WIB 2020

Pangkalpinang - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Bangka Belitung melakukan rapid test.


Rapid test dilakukan kepada orang-orang yang berada dalam lingkaran pasien positif virus Corona, warga Toboali, Kabupaten Bangka Selatan yang meninggal dunia.


"Dari 55 orang yang dilakukan rapid test, 54 dinyatakan negatif dan 1 orang dinyatakan positif COVID-19 yaitu istri pasien 1431 yang meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam sebelum hasil swab keluar," terang Mikron Antariksa, Ketua Gugus Tugas COVID-19 Bangka Belitung, Rabu (1/4/2020).


Menurut Mikron, hasil ini masih membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut dan akan diperkuat dengan hasil pemeriksaan swab di Litbangkes Kementerian.


"Rapid test ini untuk deteksi dini. Jangan sampai yang bersangkutan menularkan. Resminya kita gunakan dua test, karena ini tidak menunjukan gejala. Arahan pak gubernur untuk ditindak lanjuti dengan cara isolasi dan dikarantina," tegas Mikron.


Diketahui, seorang warga Toboali, Bangka Selatan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal dunia di RS Siloam Pangkalpinang. Pada hari Selasa (31/3/2020) kemaren pasien tersebut dinyatakan positif COVID-19 setelah hasil swab dari Litbangkes Kementerian keluar.


Pria berusia 72 tahun itu merupakan pasien kedua positif COVID-19 di Babel. Sementara untuk pasien pertama adalah Kepala BNN Kabupaten Belitung yang saat ini sedang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD. (unt/red)

-