REPORTASE BANGKA

Produksi 10 Ribu Masker Cegah Corona, PT Timah Libatkan Usaha Kecil Menengah

08 April
19:30 WIB 2020

Pangkalpinang - Pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di seluruh belahan dunia membuat dampak ekonomi luar biasa bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM). Untuk meringankan beban ekonomi akibat dampak virus Corona ini, PT Timah Tbk memproduksi 10 ribu masker yang akan dibagikan kepada warga Bangka dan Belitung.

10 ribu masker diproduksi dengan melibatkan 10 UMKM mitra binaan PT Timah yang bergerak dibidang menjahit. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas PT Timah dengan masyarakat dalam pencegahan virus Corona.

"PT Timah melalui CSR dan ERG nya melibatkan UMKM mitra binaan kita untuk memproduksi masker sebagai upaya pencegahan corona, sekaligus mengungkit ekonomi masyrakat. Kalau mereka terima order jumlah banyak mereka akan nambah tenaga kerja, lalu ada pergerakan ekonomi mereka tetap dapat penghasilan," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan, Rabu (8/4/2020).

Dalam memproduksi masker, mitra binaan tersebar di seluruh wilayah Bangka Belitung, namun setiap UMKM order pembuatan masker dibedakan sesuai dengan kemampuan UMKM tersebut. Sekitar 10 UMKM bidang menjahit dilibatkan untuk memproduksi masker kain dalam waktu lima hari.

"Untuk produksi masker setiap UMKM berbeda, ada juga yang mampu produksi 1000 masker, ada juga yang hanya 500, UMKM ini tersebar di wilayah operasional kami diantaranya di Koba, Sungailiat, Pangkalpinang, Toboali, Belinyu di masing-masing wilayah operasional kita," lanjut Anggi.

Dikatakan Anggi, PT Timah Tbk terus berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk mencegah angka penularan virus Corona, diantaranya melakukan penyemprotan disenfektan, dan membagikan instalasi cuci tangan ke berbagai fasilitas umum.

"Melalui program ini ada dua sisi yang kami sentuh mencegah COVID sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat," tutup Anggi. (ril/unt)

-