REPORTASE BANGKA

​96 ABK Kapal Keruk Singkep Lakukan Swab Test COVID-19

31 Mei
19:19 WIB 2020

Pangkalpinang - Puluhan anak buah kapal (ABK) Kapal Keruk Singkep Timah menjalani swab test virus Corona massal di Mess Timah, Tanah Hongkong Sungailiat, Kanupaten Bangka, Bangka Belitung Minggu (31/5/2020). Total ada 96 anak buah kapal yang dilakukan swab sejak Sabtu malam.


Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Babel Mikron Antariksa mengatakan test swab yang dilakukan setelah satu ABK dari kapal keruk Singkep dinyatakan positif virus Corona, yakni G (31) laki-laki, warga Jalan Sinar Jaya, Sempan, Pemali, Bangka.


“Dilakukan sejak semalam oleh tim gugus tugas Bangka dan Provinsi. Hingga hari ini total yang di swab ada 96 ABK dari kapal milik BUMN,” kata Mikron Antariksa, Minggu (31/5/2020).


Para ABK yang sudah diambil sampel swab di Karangtina di beberapa lokasi diantaranya, Rumah Salit Medika Stania, di Gor, dan di wisma Timah. Selain pengambilan sample swab, tim gugus tugas juga melakukan penyemprotan di kapal.


“Kapal keruk kita karangtina dan tidak boleh lagi untuk beroperasi,” ujaranya.


“Sample swab hari ini langsung di bawa ke labkesda babel,” timpanya.


Sebelumnya, seorang warga Sinar Jaya, Sempan, Pemali, Kabupaten Bangka, dinyatakan positif setelah dilakukan swab COVID-19. Laki-laki berinisial G (31) itu merupakan ABK Kapal Keruk Singkep PT Timah Tbk.



“Yang bersangkutan dari hasil pemeriksaan di laboratorium RSBT Pangkalpinang pada 28 Mei 2020 hasilnaya positif Corona. Kita masih melakukan lacak jejak dimana G terpapar Covid-19,” tegasnya.


Ditambahkan Mikron, saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat (OTG) dan sudah mendapatkan penanganan sejak Sabtu 30 Mei 2020 di Wisma Karantina Provinsi di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

-