REPORTASE BANGKA

Jawara Tinskubator PT. Timah Ini Ingin Ikan Asin Mendunia

09 September
19:41 WIB 2020

PANGKALPINANG --- Jawara Tinskubator Idea Challenge yang diselenggarakan oleh PT. timah, Tbk, fishbox.id ternyata memiliki mimpi untuk memasarkan ikan asin, sebagai salah satu hasil laut di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi produk yang terkenal di dunia.

Nauval Bintang Akbar mengatakan, keikutsertaannya dalam Tinskubator ini, ia berharap melalui sentuhan PT. Timah, lahir startup-startup baru di Babel dengan ide-ide yang brilian dan dikembangkan dengan baik.

"Kami punya produk, fishbox.id yaitu ikan asin yang dikeringkan dengan alat pengeringan, kami berharap, dengan diinkubasi oleh PT. Timah, bisa menjadi lebih baik lagi, ikan asin juga bisa dipasarkan lebih luas lagi, khususunya untuk kalangan menengah ke atas," katanya, saat dihubungi, Kamis (3/9/2020).

Sistem pengeringan ini, kata dia, akan memberikan banyak keuntungan, selain kandungan gizi pada ikan yang tidak berkurang, juga lebih higienis, dan proses pengeringan yang cepat dan sempurna.

Ide ini, sebutnya, dilatarbelakangi bahwa selama ini sistem pengeringan ikan asin masih manual mengharap energi matahari, jika hari hujan tentu akan memengaruhi proses pengeringan.

Tak hanya itu, Babel yang kaya akan ikan, tidak saja bisa dinikmati ikan segar dan olahan lain yang, tetapi juga bisa dinikmati dalam bentuk ikan asin.

Fishbox.id, lanjutnya, telah mengemas ikan asin yang diproduksi di Desa Tanjung Binga, Belitung ini menjadi ikan asin yang higienis dan tentunya memiliki keunggulan karena dikeringkan menggunakan mesin pengering.

"Alhamdulillah produknya sudah ada, walaupun belum terlalu besar, tetapi kami sudah mengemas ikan asin ini dengan baik," tandasnya.

"Kami berharap, PT. Timah dalam inkubasi ini bisa mengembangkan produk kami lebih baik lagi, dibantu pemasarannya, bahkan bisa hingga ekspor dengan jaringan dan kemampuan besar yang dimiliki PT. Timah," harapnya.

Nauval dan rekan-rekannya di fishbox.id pun mengapresiasi dan berterimakasih kepada PT. Timah, yang telah menyelenggarakan Tinskubator Idea Challenge ini, yang memberikan kesempatan kepada anak muda untuk menuangkan ide-idenya dan dikembangkan menjadi sebuah ide yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Terimakasih kepada PT. Timah, Tinskubator ini sangat membantu munculnya startup-startup yang selama ini belum ada, memfasilitasi kami anak-anak muda untuk mengembangkan ide bisnis," pungkasnya.

Tags :

-