REPORTASE BANGKA

DPPP Basel Bantu 9 Kelompok Budi Daya Ikan Air Tawar

foto/ist foto/ist
22 November
04:40 WIB 2021

Toboali - Bantuan sarana prasana kepada 9 kelompok budi daya ikan air tawar skala kecil di wilayah Bangka selatan diserahkan Pemkab Basel melalui Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan, Minggu (21/11/2021).

Penyerahan Bantuan tersebut di berikan kepada 3 kelompok budi daya ikan lele dan 6 kelompok ikan Nila di beberapa Kecamatan di Kabupaten Bangka selatan Seperti kecamatan Toboali, Payung, Pulau Besar dan Air Gegas.

Kepala Bidang Perikanan, Abdul haq mengatakan, bantuan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah Daerah beserta Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupa Bantuan benih ikan, waring dan pakan.

"Kita sudah melakukan penyaluran bantuan pertama pada bulan maret kepada 9 kelompok budi daya ikan air tawar di Kecamatan Toboali. Selain bantuan dari pemerintah Daerah, ada juga bantuan dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan, Perikanan (KKP) berupa benih ikan lele dan pelet dalam 2 kecamatan yakni Toboali dan Tukak Sadai," kata Abdul.

Sementara itu, pihaknya bersama pemerintah akan selalu memberikan pembinaan dan suport kepada kelompok pembudi daya dalam meningkatkan keberhasilan pengembangan usaha budi daya ikan air tawar di daerah Kabupaten Bangka Selatan.

Kepala DPPP Basel, drh.Suhadi menambahkan , ahamdulillah saat ini minat permintaan ikan air tawar kita di Basel ini mengalami peningkatan sekitar 5-7% dan di usahakan untuk tahun depan, para pembudi daya ikan ini bisa membuat pelet secara mandiri sehingga angka produksinya bisa ditekan.



“Mahalnya harga pelet, serta perairan yang tercemar oleh tambang dan minimnya pengetahuan masyrakat menjadi salah satu kendala dalam meningkatkan produksi pengembangan budi daya ikan di wilayah Bangka Selatan," ujar drh.Suhadi.

Diakuinya, minimnya pengetahuan dalam produksi pemasaran dan cara penganan ikan yang sakit menjadi hambatan kita dalam meningkatkan produksi pengembangan budi daya ikan, dan semoga adanya pembinaan ini dapat membantu ekonomi masyarakat Bangka Selatan.

"Semoga dengan bantuan ini dapat membantu meningkatkan kembali sektor ekonomi masyarakat Bangka Selatan di tengah pandemi covid 19 ini,” harapnya.

-