REPORTASE BANGKA

Nazila Mitra Binaan PT Timah Kembangkan Usaha Kuliner Hingga Perkebunan

24 Desember
16:14 WIB 2021

BANGKA BARAT - Usaha kuliner memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Hal itulah yang membuat Nazila salah satu mitra binaan PT Timah Tbk tak pernah putus asa menjalani usaha makanan.

Meski jatuh bangun memulai usaha, sampai harus berpindah tempat tak membuat semangat Nazila runtuh. Ia berimprovisasi dan menambah menu makanan, sehingga apa yang dilakukan Nazila berbuah manis. Usaha kuliner di Warung Nazila kian ramai.

“Dulu saya jualannya di Terminal Kelapa, tapi lama kelamaan di situ sepi. Jadi saya berpikir untuk pindah ke rumah saja, kebetulan rumah di jalan raya seperti ini. Setelah pindah, awalnya masih warung kecil yag jual bakso, soto, selada dan lainnya belum terlalu banyak,” cerita Nazila.

Melihat mulai banyak pembeli yang mampir di warungnya, Nazila mulai berpikir untuk menambah tempat dan menambah pekerja, namun masih terkendala permodalan. Akhirnya, dirinya memanfaarkan program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) dari PT Timah Tbk.

“Saya buat lagi di samping, tambah kursi dan meja, karena kadang kalau ramai enggak cukup. Alhamdullillah dari modal PT Timah Tbk itu bisa tambah terus, pekerja juga tambah,” ujarnya.

Dirinya juga menambah menu baru yakni sate, mie ayam, aneka minuman dan makanan lainnya, sehingga bisa memberikan varian menu bagi pengujung yang datang.

“Selain buka warung ini, saya juga menerima catering dan Alhamdullillah juga. Pengunjung biasanya dari orang yang lewat, masyarakat sekitar kelapa ini. Ada saja, kalau omset bisa mendekati puluhan juta lah sebulan,” ungkapnya.

Terbilang berhasil mengembangkan usaha kulinernya, dirinya juga merambah ke usaha pertanian dengan menanam sawit. Menurutnya, dengan bantuan permodalan dari PT Timah Tbk telah bisa mengembangkan usaha lainnya.

“Dari modal itu saya bisa untuk mengembangkan usaha lainnya, program ini sangat membantu kami pelaku usaha kecil, dengan adanya bantuan modal ini buat kami semakin percaya diri untuk terus memulai usaha,” sebut Nazila.

Nazila berharap, program seperti ini terus dilakukan sehingga semakin banyak UMKM yang dapat menerima modal dengan berbagai keringanan dan tidak sulit.

“Modal ini penting untuk usaha, kalau enggak ada modal susah kita bergerak. Makanya dengan bantuan modal terus syarat dan cicilannya ringan ini sangat membantu pelaku usaha seperti kami ini. Semoga PT Timah bisa terus membantu pelaku usaha,” tutupnya.

-