Balai Penyuluhan Pertanian Sungailiat Diresmikan

REPORTASE, Sungailiat – Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Drs. Rustamsyah, meresmikan gedung Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sungailiat di Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (25/2/2017). Dalam acara itu juga dilakukan kegiatan Pra Pekan Nasional Petani (PENAS) tahun 2017 yang akan diselenggarakan di Aceh.

Wabup Bangka dalam sambutannya mengatakan, program pertanian yang tangguh telah diprogramkan dirinya bersama dengan Bupati Bangka sejak tahun 2013 hingga akhir jabatannya pada tahun 2018. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyiapkan gedung untuk para penyuluh yang sudah ada di setiap kecamatan agar para penyuluh bisa melaksanakan tugas dengan baik sebagai tempat untuk berkumpul dan memecahkan permasalahan pertanian dan memajukan pertanian di Kabupaten Bangka.

“Pemda Bangka sangat konsen untuk memajukan pertanian di Kabupaten Bangka. Para penyuluh harus bersemangat dalam melaksanakan tugasnya. Para penyuluh harus tahu jumlah petani, nama petani, jumlah kebunnya, tanaman dan bisa menyelesaikan permasalahan pertanian,” jelas Wabup Bangka.

Dikatakan Wabup Bangka lagi, sinergitas berbagai sektor sangat diperlukan untuk memajukan pertanian di Kabupaten Bangka seperti pihak perbankan, PT Timah dan pihak lainnya untuk membina para petani di Kabupaten Bangka. Para petani juga diharapkan secara bertahap bisa menjadi petani mandiri sehingga tidak memerlukan bantuan dari Pemda ataupun pihak swasta dan bantuan yang diberikan kepada petani yang baru memulai usaha pertaniannya.

“Dalam pelaksanaan Pra Penas di Kabupaten Bangka ini agar bisa menyiapkan petani, Gapoktan, dan penyuluh pertanian yang akan diikutsertakan dalam PENAS 2017 di Aceh. Pemda akan menyeleksi sesuai kinerja untuk mengikuti PENAS sehingga para petani bisa membuka cakrawala bahwa petani di luar Bangka lebih hebat dari kita sehingga kita bisa belajar mengadopsi di Kabupaten Bangka,” jelas Wabup Bangka.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Kemas Arfani Rahman, dalam laporannya mengatakan, PENAS 2017 di Aceh akan diselenggarakan pada tanggal 6-11 Mei 2017 di Provinsi Aceh sehingga dalam kegiatan peresmian Gedung BPP Sungailiat ini juga dilakukan kegiatan Pra PENAS 2017 yang mana seluruh Gapoktan, Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) juga menampilkan produk unggulan masing-masing kecamatan.

“Pembangunan BPP Sungailiat ini berasal dari DAK murni dengan luas bangunan secara keseluruhan 218.5 m2. Luas tanah agrowisata di sini sekitar 8 hektar dan sudah kita pagar dengan kawat berduri. Kita masih menyisakan 1 BPP yang belum dibangun yakni BPP Merawang yang mana kita masih minjam lahan STAIN SAS Babel. Kita berharap bisa dihibahkan ke kita karena Pemda Bangka sudah menghibahkan tanah 4 hektar ke STAIN di Petaling,” harap Kemas.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua PKK Bangka, Suryani Rustamsyah, didampingi Wabup Bangka, perwakilan Polres Bangka, Bank Sumsel, dan para kepala SKPD. Di kesempatan itu juga, Wabup melakukan peninjauan ruangan BPP Sungailiat dan bazaar yang disajikan para petani, KTNI, dan Gapoktan se Kabupaten Bangka.

Related post

Tingkatkan Kerja Sama Sekwan Pangkalpinang Bangun Harmonisasi Dengan Awak Media

Tingkatkan Kerja Sama Sekwan Pangkalpinang Bangun Harmonisasi Dengan Awak Media

Pangkalpinang –  Sekwan kota Pangkalpinang  Drs.Akhmad Elvian,  mengajak awak media  untuk meningkatkan sinergitas dan harmonisasi dalam menyampaikan program DPRD kepada…
Pesta Adat Murok Jerami, Wujud Ketahanan Pangan Desa

Pesta Adat Murok Jerami, Wujud Ketahanan Pangan Desa

NAMANG – Desa Namang gelar Pesta Adat ”Murok Jerami” Suku Mengkanau Urang Namang dan Panen Program Ketahanan Pangan Nabati dan…
Cari masukan Pengendalian dan Evaluasi Sekwan Bateng kunjungi DPRD Pangkalpinang

Cari masukan Pengendalian dan Evaluasi Sekwan Bateng kunjungi DPRD Pangkalpinang

Pangkalpinang – Sekretariat DPRD Kab, Bangka Tengah  (Koba),   sambangi DPRD Kota Pangkalpinang untuk mencari masukan dan pengayaan terkait  Penyusunan Laporan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.