Besok, Panwaslu Pangkalpinang Awasi Verfak Parpol

REPORTASE, Pangkalpinang – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pangkalpinang, akan melakukan pengawasan terhadap Verifikasi Faktual (Verak) partai politik pasca putusan MK.

Sesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU Kota Pangkalpinang dan memastikan Verfak dilakukan sesuai dengan Undang-undang 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota dan PKPU 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD.

Sementara untuk Jadwal Verfak akan dilaksanakan 30, 31 Januari 2018 s/d 1 Februari 2018. Pengawasan akan dilakukan dengan pola pelaksanaan pengawasan melekat, beserta dengan KPU Kota Pangkalpinang.

Selain itu, Panwaslu Kota Pangkalpinang melakukan pengawasan terhadap Coklit data pemilih pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang Tahun 2018 yang dilakukan oleh anggota PPL (Panwaslu Kelurahan).

“Apabila masyarakat merasa belum dilakukan coklit di rumah-rumah, maka dapat melapor kepada Panwaslu Kota Pangkalpinang maupun Panwas Kecamatan,” jelas Divisi Penindakan dan Pelanggaran Novrian Saputra dalam rilisnya, Senin (29/1/2018) malam.

Dalam tahapan Coklit data pemilih ini, Panwaslu Kota Pangkalpinang sudah membuat spanduk-spanduk sosialiasi kepada masyarakat yang diletakkan di tempat-tempat strategis, disetiap kecamatan dan kelurahan.

“Intinya, mengajak masyarakat melakukan pengawasan terhadap tahapan Coklit data pemilih, yang akan menjadi dasar penetapan DPS (Data Pemilih Sementara),” ungkap Novrian.

Panwaslu Kota Pangkalpinang, juga akan melakukan pengawasan melekat verifikasi faktual dukungan calon perseorangan, yang akan dilakukan oleh KPU dan jajaran dibawah oleh Korlap-korlap. (rls/red)

Related post

Usai Bobol Toko, Johan Pelaku Curat Berhasil Diringkus Tim Jatanras Polda Babel

Usai Bobol Toko, Johan Pelaku Curat Berhasil Diringkus Tim Jatanras Polda Babel

Bangka – Seorang Pria berinisial JMS alias Johan berhasil diringkus Tim 2 Opsnal Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Bangka Belitung…
Pj Ketua TP PKK Sri Utami Berikan Materi Autisme Guna Penguatan Kompetensi Guru SLB

Pj Ketua TP PKK Sri Utami Berikan Materi Autisme Guna Penguatan Kompetensi Guru SLB

TANJUNGPANDAN – Guna memperkuat kompetensi guru di Sekolah Luar Biasa (SLB), Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga…
Pemprov Babel-MIND ID Kembangkan Minyak Atsiri, Industri Primadona Dunia

Pemprov Babel-MIND ID Kembangkan Minyak Atsiri, Industri Primadona Dunia

Pangkalpinang – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin, berbicara peluang potensi ekonomi di Bumi Serumpun Sebalai.…

Leave a Reply

Your email address will not be published.