• kriminal
  • November 30, 2021
  • 411
  • 4 minutes read

Curi Besi Kapal Dua Pemuda Diringkus Buser Pangkalpinang

Pangkalpinanang – Dua kawanan pencuri spesialis besi eks kapal diciduk Tim Buser Naga Polres Pangkalpinang, dalam Operasi Tertib Menumbing 2021, Senin (29/11/2021) pukul 01.00 Wib

Dua pelaku Untung Senopati (23) dan Raksena Rajes Khan Alias Rajes keduanya warga Kelurahan Lontong Pancur, Kecamatan Pangkalbalam , ditangkap pada waktu dan tempat berbeda.

Awalnya Tim Buser Naga yang dipimpin Aipda Rudi Kiai, mendapat informasi salah satu pelaku pencurian besi eks kapal sedang berada sebuah pondok di kawasan krikil, Lontong Pancur.

“Selamat malam rekan-rekan saya mendapat informasi salah satu pelaku pencurian besi eks kapal, sedang berada di sebuah pondok, seperti biasa kita kepung pondok, jangan sampai target lolos,” ucap Rudi Kiai saat memberikan arahan kepada anggota Buser Naga.

Usai memberikan arahan, Buser Naga menuju lokasi pondok yang dimaksud, namun penggerebekan tidak dapat langsung dilakukan lantaran lokasi pondok tidak bisa dimasuki kendaraan roda empat.

“Untuk mengindari target lolos, kita putuskan untuk merayap secara pelan-pelan tunggu aba-aba dari saya saat akan bergerak,” lanjut Rudi Kiai.

Pantauan di lokasi yang ikut dalam penangkapan tampak dari kejauhan terdengar dentuman irama hose musik, dan tawa lepas penghuni pondok, dengan cepat Buser Naga langsung melakukan penggerebekan di pondok tersebut

“Jangan bergerak, anggota periksa satu persatu geledah, target sudah dikepung,” tegas Rudi Kiai.

Pelaku Untung Senopati, saat ditangkap tidak dapat melarikan diri lantaran saat diamankan pemuda pengangguran ini dalam pengaruh narkoba jenis sabu-sabu.

Saat dilakukan interogasi lebih mendalam Untung mengakui melakukan pencurian besi eks kapal bersama rekannya yang bernama Raksena Rajes Khan Alias Rajes dan bersangka satu rekan lainnya yang identitasnya masih dirahasiakan (DPO)

“Kami mencuri besi secara bertahap di dermaga krikil, dengan menggunakan perahu kayu serta ditemani oleh Rajes, selanjutnya besi-besi itu dikumpul dan dijual kepada pengumpul barang bekas sebesar Rp 5 ribu/Kg, dari hasil penjualan terkumpul uang Rp 1,6 Juta, uang tersebut digunakan untuk keperluan sehari hari dan membeli minuman beralkohol,”ungkap Untung.

Berdasarkan pengakuan Untung, Tim Buser Naga pada hari yang sama, sekira pukul 13.00 Wib berhasil mengamankan

Raksena Rajes Khan Alias Rajes di kawasan Lontong Pancur.

Pada saat diamankan, pelaku Rajes sedang asyik bermain Play Station hingga kedatangan petugas tidak diketahui oleh pemuda yang penuh dengan tatto pada bagian tangan.

“Tahu kesalahan kamu Rajes?? tahu Pak, maling besi di dermaga, ya sudah kamu ikut ke Polres sekarang,” kata Rudi Kiai.

Selain mengamankan dua pelaku pencurian spesialis besi eks kapal, juga diamankan barang bukti berupa, besi kapal yang telah dipotong beberapa bagian.

Saat dikonfirmasi Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra,SH,MH membenarkan diamankan dua pelaku pencurian besi eks kapal.

“Ia betul, laporan sudah kami terima, dua orang pelaku pencurian besi eks kapal diamankan Buser Naga, pelaku yang terlibat lainnya masih kami kejar, sedangkan pelaku yang sudah ditangkap saat ini menjalani pemeriksaan,” singkat Adi Putra

Sebelum ditangkap Tim Buser Naga , dua pelaku Untung Senopati (23) dan Raksena Rajes Khan Alias Rajes melakukan pencurian di kawasan dermaga krikil pada 16 November 2021 sekira 15.00 wib .

Saat itu, pelapor Junaidi melaporkan ke Sentara Pelayanan Kepolisian (SPK) Polres Pangkalpinang atas peristiwa hilangnya besi eks kapal seberat 3 Ton, senilai Rp 24 Juta.

Related post

DPRD Pangkalpinang Gelar Upacara Pelepasan Jenazah Riduan Nasrul, Untuk Penghormatan Terakhir

DPRD Pangkalpinang Gelar Upacara Pelepasan Jenazah Riduan Nasrul, Untuk Penghormatan Terakhir

Pangkalpinang – DPRD Kota Pangkalpinang mengelar upacara pelepasan jenazah, Anggota DPRD Kota Pangkalpinang (Fraksi Nasdem) Riduan Nasrul, di ruang Rapat…
Talkshow I-Break Kenalkan Program Gule Kabung ke Kancah Nasional

Talkshow I-Break Kenalkan Program Gule Kabung ke Kancah Nasional

  JAKARTA – Usai meraih penghargaan Excellent Award for Initiative┬áStrategic beberapa waktu lalu, program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun…
Keberadaan BSIP Dibutuhkan dalam Pengawasan dan Pengawalan Ketersediaan Pangan

Keberadaan BSIP Dibutuhkan dalam Pengawasan dan Pengawalan Ketersediaan Pangan

  PANGKALPINANG – Keberadaan Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Babel, sangat dibutuhkan dalam pengawasan dan pengawalan ketersediaan pangan yang aman…

Leave a Reply

Your email address will not be published.