Jelang Puasa TPID Bangka Tekan Inflasi

REPORTASE, Sungailiat – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kabupaten Bangka mengelar rapat koordinasi dalam pengendalian inflasi diantaranya menghadapi bulan puasa. Rakor dipimpin Sekda Bangka Fery Insani berlangsung, Kamis (20/4) di ruang rapat Bina Paraja kantor Bupati Bangka yang diikuti anggota TPID kabupaten Bangka.

Sekda Bangka Fery insani mengatakan, tingkat Inflasi akan berpengaruh terhadap penggunaan anggaran daerah sehingga menjadi indikator dalam penetapan pos anggaran yang lebih besar,

Dijelaskannya, Bangka Belitung tingkat inflasinya tertinggi di Indonesia, terutama dua kota yang mempengaruhi yakni Pangkalpinang dan Tanjungpandan. Terkait dengan pengendalian inflasi, Sekda Bangka menyarankan dilakukan kerjasama dengan Bank Indonesia melalui MOU dalam upaya pengendalian inflasi di kabupaten Bangka.

Menurut Sekda, pengecekan harga barang yang dilakukan selama ini, terkesan hanya pencitraan perlu dilakukan langkah – langkah lain.

Dijelaskannya, melalui APBD perubahan akan dibuat tempat yang dapat mengakses perkebangan harga barang kebutuhan pokok diantaranya dapat dilakukan dengan membuat Web ataupun Aplikasi yang ditempatkan di Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bangka.

Melalui sistem yang dibangun akan dapat diketahui kondisi harga dan ketersediaan barang kebutuhan Pokok.

Kesempatan itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan sekda bangka M.Kamil Abu Bakar mengahrapkan TPID melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi kepulauan Bangka Belitung diantaranya dalam operasi pasar. “ Pemerintah Kabupaten Bangka dan Pemprov Bangka Belitung dapat bersinergi dalam menentukan tempat operasi pasar sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam satu tempat,” jelas Kamil.

Dikatakannya, pengaturan tempat operasi pasar dengan baik akan menjangkau seluruh masyarakat di kabupaten Bangka dalam mendapatkan sembako murah khususnya dalam menghadai bulan puasa dan Idul Fitri, saat meningkatnya permintaan terhadap kebutuhan pokok terjadinya peningkatan harga.

Diharapkannya TPID Kabupaten Bangka yang merupakan gabungan dari SKPD terkait diharapkan dapat lebih berfungsi dalam menekan angka inflasi di kabupaten Bangka.

Related post

Usai Bobol Toko, Johan Pelaku Curat Berhasil Diringkus Tim Jatanras Polda Babel

Usai Bobol Toko, Johan Pelaku Curat Berhasil Diringkus Tim Jatanras Polda Babel

Bangka – Seorang Pria berinisial JMS alias Johan berhasil diringkus Tim 2 Opsnal Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Bangka Belitung…
Pj Ketua TP PKK Sri Utami Berikan Materi Autisme Guna Penguatan Kompetensi Guru SLB

Pj Ketua TP PKK Sri Utami Berikan Materi Autisme Guna Penguatan Kompetensi Guru SLB

TANJUNGPANDAN – Guna memperkuat kompetensi guru di Sekolah Luar Biasa (SLB), Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga…
Pemprov Babel-MIND ID Kembangkan Minyak Atsiri, Industri Primadona Dunia

Pemprov Babel-MIND ID Kembangkan Minyak Atsiri, Industri Primadona Dunia

Pangkalpinang – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin, berbicara peluang potensi ekonomi di Bumi Serumpun Sebalai.…

Leave a Reply

Your email address will not be published.