Kepala Desa Harus Tahu Kondisi Desanya

REPORTASE, Suangailiat – Menjadi kepala desa merupakan salah satu motor penggerak untuk kemajuan perekonomian desanya.

“Menjadi kepala desa harus tahu segala kondisi di desanya, istilahnya, daun jatuh sehelai juga dari pohonnya harus tahu,” ungkap bupati, Rabu (20/9/17) di Merawang.

Dikatakan mantan sekda Bangka ini, menjadi kepala desa harus penuh tanggung jawab dan bisa menjadi contoh bagi masyarakatnya. “Kades harus paham kondisi keuangan desa, masyarakatnya, termasuk juga potensi yang harus digali untuk kemajuan desa,” katanya.

Untuk itu, penggunaan anggaran baik itu dari APBN, APBD dan ADD harus jelas peruntukkannya. “Bisa dikelola dengan baik, nama untuk lampu jalan desa, mana untuk jalan setapak, mana untuk bangunan lainnya sehingga jelas arah dananya dan bisa dimanfaatkan dan dirasakan masyarakat,” katanya.

Untuk itu, kepala desa membuat laporan terkait apa yang menjadi dinamika di desanya. “Data yang putus sekolah harus jelas, yang hidup sendiri juga, ibu hamil, rumah tidak layak huni, yang tidak punya jamban dan lainnya harus didata lengkap dan lapor ke pemda, nanti akan ditindak lanjuti,” katanya.

Untuk itu, kedepan orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini ingin desa-desa di Kabupaten Bangka bisa maju dan semakin berkembang. “Kreatif dan gali potensi desa, membangun itu dari desa,” katanya.

Related post

DPRD Pangkalpinang Gelar Upacara Pelepasan Jenazah Riduan Nasrul, Untuk Penghormatan Terakhir

DPRD Pangkalpinang Gelar Upacara Pelepasan Jenazah Riduan Nasrul, Untuk Penghormatan Terakhir

Pangkalpinang – DPRD Kota Pangkalpinang mengelar upacara pelepasan jenazah, Anggota DPRD Kota Pangkalpinang (Fraksi Nasdem) Riduan Nasrul, di ruang Rapat…
Talkshow I-Break Kenalkan Program Gule Kabung ke Kancah Nasional

Talkshow I-Break Kenalkan Program Gule Kabung ke Kancah Nasional

  JAKARTA – Usai meraih penghargaan Excellent Award for Initiative┬áStrategic beberapa waktu lalu, program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun…
Keberadaan BSIP Dibutuhkan dalam Pengawasan dan Pengawalan Ketersediaan Pangan

Keberadaan BSIP Dibutuhkan dalam Pengawasan dan Pengawalan Ketersediaan Pangan

  PANGKALPINANG – Keberadaan Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Babel, sangat dibutuhkan dalam pengawasan dan pengawalan ketersediaan pangan yang aman…

Leave a Reply

Your email address will not be published.