Senin, 24 Juni 2024 08:33 WIB

MTQ Harus Jadi Motivasi Memperdalam Al Quran

Sungailiat – Tujuan Kegiatan MTQ sebenarnya tidak hanya menjadi kegiatan untuk mencari Pembaca Al Quran yang handal, namun kegiatan MTQ juga harus dapat memotivasi semua kalangan agar lebih memperdalam dan memperindah bacaan Al Qur’an.

Demikian disampaikan oleh Plt Bupati Bangka, Drs Rustamsyah saat membuka Acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VIII Tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2018, Senin (22/04/18) di Masjid Jami’ Nurul Iman Desa Paya Benua Kecamatan Mendo Barat.

“Jadikan acara ini sebagai motivasi sehingga MTQ yang kita laksanakan memiliki mutu yang baik dan melalui mutu yang baik tersebut membangun motivasi masyarakat untuk lebih memperdalam Ilmu Al Qur’an dan mengindahkan tiap lantunan AyatNya,” harap Plt Bupati.

Selanjutnya Plt Bupati menjelaskan bahwa dengan adanya motivasi untuk memperdalam baik isi maupun bacaan Al Qur’an inilah yang akan membuat kita semakin termotivasi mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al Qur’an pada kehidupan sehari-hari.

“Al Qur’an berisikan apa yang dibutuhkan dan dimengerti oleh manusia, baik kebutuhan masa kini maupun yang akan datang dikarenakan Al Qur’an berisi petunjuk-petunjuk dan pedoman hidup sehingga Al Qur’an selain harus dibaca dengan penuh kesyahduan juga harus dikaji, dipelajari dan dipahami isinya,” jelas Plt Bupati.

Sebelumnya Ketua Panitia Drs. Teddy Sudarsono, M. Si menginformasikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberantas buta aksara Al Qur’an dan lebih memberi kesempatan kepada generasi muda untuk berprestasi serta persiapan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi nanti.

Kegiatan MTQ ke VIII Tingkat Kabupaten Bangka akan dilaksanakan selama enam hari, 02 April – 07 April 20148 dan diikuti oleh delapan Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka dengan jumlah peserta 320 orang putra dan putri.

Baca Juga :  ​Zuristyo Dukung Pembentukan Kabupaten Bangka Utara

Acara pembukaan MTQ ini dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Drs. H. Nasution, M.Pd.I, jajaran Kepala OPD Pemkab Bangka dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Kabupaten Bangka.

Berita Terkait

Rekomendasi