Selasa, 28 Mei 2024 21:57 WIB

Pj Gubernur Suganda Bawa Tugas dari Mendagri, Mulai Bekerja Hari Ini

JAKARTA – Terhitung mulai hari ini, Sabtu (1/4/2023), Suganda Pandapotan Pasaribu akan melaksanakan tugasnya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel). Ia akan bertolak dari Jakarta ke Pangkalpinang pada sore hari.

Berbagai pekerjaan rumah sudah ada di pundaknya untuk kemajuan Negeri Serumpun Sebalai, sesuai arahan yang diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian pada saat pelantikan yang dilaksanakan di Jakarta, kemarin.

Mendagri Tito Karnavian mengamanatkan beberapa hal, yang diakuinya juga sesuai dengan perintah undang-undang, maupun langsung dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. Perintah tersebut bersifat internal maupun eksternal dalam tubuh pemerintahan.

Agenda utama yang harus dijalankan yakni melaksanakan program turunan Pemerintah Pusat, yaitu menurunkan inflasi, angka stunting, kemiskinan ekstrem, manajemen pertimahan, dan menjaga kondusifitas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Oleh karena itu, kerja sama harus dilakukan, baik internal sesama staff, sekalipun wakil pemerintah pusat di daerah. Tentunya dengan menjalin hubungan baik dengan bupati, walikota yang ada, mengadakan rapat rutin, apalagi ada beberapa tugas penting di Bangka Belitung, yang utama adalah program nasional mengendalikan inflasi,” kata Mendagri Tito.

Menurut Mendagri Tito, kerja sama juga harus dijalin Pj Gubernur dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel, untuk menciptakan kekompakan bersama seluruh stakeholder, sehingga sistem pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

“Sebagai penjabat gubernur memiliki penguasaan teritorial, membutuhkan kebersamaan, tidak sekadar menjabat, tetapi dapat berhubungan baik dengan Forkopimda, dan juga bersama tokoh masyarakat, agar kompak, sehingga dapat dukungan yang bagus,” katanya.

Mendagri Tito juga menegaskan kepada Pj Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu jika Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan lembaga terkait di Pemerintah Pusat, termasuk Ombudsman RI akan mendukung penuh pelaksanaan program-program yang dijalankan demi kemajuan daerah.

Baca Juga :  Investor China Tertarik Bangun Jembatan Bahtera

“Kami Kemendagri juga mendukung. Saya berharap tugas ini dapat dilaksanakan dalam satu tahun penuh. Apakah nanti akan diperpanjang dengan orang yang sama atau diganti, tergantung dari hasil evaluasi kinerja Bapak, dan sesuai undang-undang, juga dari hasil masukan-masukan,” katanya.

“Sekali lagi, selamat atas kepercayaan yang sudah diberikan Bapak Presiden. Saudara menjalankan tugas yang tidak ringan, yaitu penjabat gubernur Bangka Belitung. Saya berharap kepada saudara penjabat, betul-betul dipahami tugas yang diberikan langsung dari Presiden Republik Indonesia,” katanya menambahkan.

 

Berita Terkait

Rekomendasi