Senin, 24 Juni 2024 06:55 WIB

Pj Gubernur Suganda: Seluruh Perangkat Daerah Harus Mendukung Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

 

PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu berharap kepada seluruh perangkat daerah, mutlak mendukung pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB), melalui transformasi organisasi birokrasi yang diikuti dengan penerapan mekanisme kerja baru.

Harapan ini diungkapkan Pj Gubernur Suganda saat memberikan sambutan dalam kegiatan Perangkat Daerah Terbaik Award 2022, yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi Setda Kep. Babel, di Ballroom Hotel Soll Marina Pangkalan Baru, Rabu (21/6/2023).

Pj Gubernur Suganda menyatakan, dinamisnya tantangan global dan pesatnya kemajuan platform digital menuntut birokrasi yang kapabel, kolaboratif, lincah, dan fleksibel.

“Sudah saatnya kita tinggalkan pola kerja lama yang hierarkis, linier, dan monoton yang telah mengakar pada birokrasi kita. Jika tidak segera berubah, kita akan tertinggal karena persaingan semakin ketat,” ujar Pj. Gubernur Suganda.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa RB bukanlah sekedar rutinitas, apalagi beban, tetapi merupakan kebutuhan atau keharusan karena menjadi daya ungkit dan akselerator tercapainya tujuan pembangunan di Prov. Kep. Babel.

“Saat ini RB Prov. Kep. Babel telah memasuki tahap ketiga roadmap RB Prov Kep. Babel periode 2023-2026. Kita ingin mewujudkan birokrasi yang dinamis, responsif, lebih lincah, serta adaptif dalam melakukan pelayanan publik,” jelas Pj. Gubernur Suganda.

Secara keseluruhan, hasil antara RB Prov. Kep. Babel pada tahun 2022 mengalami sedikit peningkatan di antaranya implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elekronik (SPBE), kualitas pelayanan publik, maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), dan kualitas pengelolaan arsip.

Untuk itu, Pj. Gubernur mengapresiasi Perangkat Daerah sebagai penanggung jawab indikator yang mengalami peningkatan ini dan membuktikan komitmen untuk terus membawa Prov. Kep. Babel menjadi lebih baik dan maju. Namun ia menginginkan agar jangan terlalu terlena dengan beberapa nilai yang meningkat, sehingga mengendorkan semangat untuk tetap berkinerja lebih baik.

“Untuk memacu semangat kita bersama, saya akan memberikan reward dan punishment terhadap hasil dan rapor kinerja ini. Misalnya sebagai reward bagi perangkat daerah yang telah berprestasi memperoleh nilai tertinggi akan diberikan penambahan anggaran dan punishment bagi perangkat daerah yang mendapat nilai terendah, berupa pengurangan anggaran. Namun tentang hal ini harus mempunyai dasar hukum yang jelas, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” tuturnya.

Baca Juga :  Pesta Adat Murok Jerami, Wujud Ketahanan Pangan Desa

Terkait hal tersebut, Pj. Gubernur Suganda meminta, agar tahun depan kegiatan ini bisa dijadwalkan di awal tahun, karena reward dan punishment kalau tidak melanggar aturan akan dilakukan di awal tahun, dan rapor ini merupakan potret yang memacu kinerja ke depan untuk lebih baik lagi. Dengan melibatkan pihak eksternal sebagai tim penilai, Pj. Gubernur Suganda berharap award ini bisa lebih objektif lagi ke depan.

Adapun terdapat 12 pemenang dalam ajanh Perangkat Daerah Terbaik Award 2022, sesuai dengan kategori. Dan Perangkat Daerah Terbaik per Komponen penilaian Rapor Kinerja 2022 di antaranya:
1. Indeks Kepuasan Masyarakat, diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) dengan nilai 8,28;
2. Inovasi Daerah, diraih oleh RSUP Kep. Babel dengan nilai 9,00;
3. Pengukuran Capaian Kinerja Tahunan, pemenangnya adalah BKPSDM Kep. Babel dengan nilai 9,00;
4. Nilai SAKIP, pemenangnya BAPPEDA Kep. Babel dengan nilai 7,46;
5. Tata Kelola Data Statistik Sektoral PD pemenangnya Dinas Koperasi dna UKM Kep. Babel dengan nilai 7,65;
6. Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pemenangnya adalah BKPSDMD Kep. Babel dengan nilai 8,00;
7. Ketepatan Waktu Input Aplikasi E-SAKIP Review (ESR), pemenangnya Dinas Pendidikan Kep. Babel dengan nilai 7,50;
8. Kehadiran Pegawai, pemenangnya adalah BKPSDMD dengan nilai 7,99;
9. Pemanfaatan Sistem Pengadaan dan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN), pemenangnya adalah Badan Kesbangpol Kep. Babel dengan nilai 6,40;
10. Kualitas Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), pemenangnya adalah DPMPTSP Kep. Babel dengan nilai 8,00;
11. Tingkat Implementasi Kebijakan Pengelolaan Kinerja ASN pemenangnya adalah Dinkes Kep. Babel dengan nilai 8,00;
12. Implementasi Employer Branding, pemenangnya adalah DP3ACSKB Kep. Babel dengan nilai 7,50.

Sementara Untuk Perangkat Daerah dengan Rapor Kinerja Terbaik Tahun 2022 pemenangnya yaitu
1. Peringkat I diraih oleh BKPSDMD Kep. Babel;
2. Peringkat II diraih oleh Diskominfo Kep. Babel;
3. Peringkat III diraih oleh Dinas Koperasi dan UKM Kep. Babel.

 

Berita Terkait

Rekomendasi