Jumat, 23 Februari 2024 14:43 WIB

Pj Gubernur Suganda Tantang 42 Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi BLK Babel Mampu Bersaing

Pangkalpinang – “Usai mengikuti pelatihan di sini, saya minta kalian semua mampu bersaing bahkan menciptakan lapangan kerja”, demikian segelumit kalimat yang diucapkan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu saat memberi motivasi kepada peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Kementerian Ketenagakerjaan RI (Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Belitung) APBD Tahun 2023, di UPTD BLK Dinas Tenaga Kerja Pemprov. Kep. Babel, Selasa (4/7/2023).

Dikatakannya tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengikuti program pelatihan yang diberikan gratis dan tidak dipungut biaya tersebut.

“Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membangun sumber daya manusia yang baik khususnya di Kep. Babel.
Jangan disia-siakan!” pesannya.

“Negara kita, daerah kita, Kep. Bangka Belitung memiliki sumber daya alam yang melimpah salah satunya timah. Hal ini tentu saja membutuhkan SDM yang memiliki kompetensi dan mampu menciptakan peluang untuk mendukung program hilirisasi yang digaungkan Presiden RI, Joko Widodo.
Karena melalui hilirisasi industri tersebut, kita akan mendapatkan nilai tambah yang berlipat ganda,” tambahnya.

Oleh karena itu, selama mengikuti pelatihan dirinya berharap peserta tidak hanya belajar _hard skill_ saja tapi harus di barengi dengan kemampuan _soft skill_ juga.

“Walaupun pelatihan ini dilakukan dalam jangka waktu sebentar tapi saya ingin kalian tidak hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan, tetapi karakter dan mental kalian juga terbentuk semakin kuat,” tegasnya.

Pelatihan Berbasis Kompetensi TA 2023 dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemprov. Kep. Babel, Elius Gani di bagi ke dalam 3 paket pelatihan yang masing-masing diikuti oleh 16 peserta yakni pelatihan Teknisi Telepon Seluler yang mencakup _hardware_ dan _software_, Perakitan Komputer dan Desainer Grafis Muda.

Baca Juga :  Bandit Pecah Kaca Beraksi di Pangkalpinang, Guru SMK Jadi Korban

“Untuk pelatihan Teknisi Telepon Seluler berlangsung selama 26 hari, perakitan komputer dilaksanakan selama 18 hari dan untuk pelatihan Desain Grafis berlangsung selama 26 hari,” ungkapnya.

Selama mengikuti pelatihan, Elius menyebutkan bahwa semua peserta difasilitasi mulai dari praktek, modul, tas dan ATK, baju kerja, sepatu, konsumsi hingga bahan-bahan pelatihan.

Lebih lanjut, UPTD BLK Dinas Tenaga Kerja Pemprov. Kep. Babel dikatakannya juga telah menyusun jadwal pelatihan yang akan dilaksanakan selama TA 2023 yakni Pelatihan Tata Boga, Public Speaking, Digital Marketing, dan Pelatihan Kemasan Produk UMKM bekerjasama dengan Disperindag Pemprov. Kep. Babel.

“Tidak hanya itu, kita juga bekerjasama dengan perusahaan di Kep. Babel dalam program pemagangan,” pungkasnya.

Kegiatan kemudian diakhiri dengan penyerahan ATK dan ID Card kepada peserta, sekaligus juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Kelompok Usaha Warga Transmigrasi FB Jaya Mebel dari Desa Panca Tunggal Kecamatan Pulau Besar Kab. Basel.

Adapun bantuan berupa alat pertukangan yang terdiri dari 1 unit mesin Sugu Jonter Serbaguna, 1 unit kompresor listrik beserta assesories, 2 unit mesin profil Router, 2 unit mesin sugu kayu, 2 unit mesin gergaji lengkung, 2 unit mesin gerindra kayu, 1 unit generator set, 2 unit mesin bor, 1 unit mesin serkel, 1 unit piringan serkel 40x40cm, 1 mesin bobok duduk.

 

Berita Terkait

Rekomendasi