Jumat, 12 April 2024 17:31 WIB

Propem Perda 2022 dan Penyelenggaraan Perhubungan Basel Disahkan

Toboali – DPRD Kabupaten Bangka Seletan (Basel), Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat paripurna Penetapan Propem Perda (Program Pembentukan Peraturan Daerah) Tahun 2022.

Kegiatan itu dilaksanakan di ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bangka Selatan pada Selasa (29/11/2021). Rapat paripurna dihadiri Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid dan Ketua DPRD Erwin Asmadi serta anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan.

Selain membahas Penetapan Propem PerdaTahun 2022, rapat paripurna itu juga membahas pengambilan keputusan Raperda Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022 serta Penyelenggaraan Perhubungan. Berikut isi sambutan Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid.

“Berdasarkan ketentuan Pasal 10 Huruf a Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah disebutkan Propemperda merupakan instrumen perencanaan yang dilakukan secara terencana, terpadu, dan sistematis yang dilaksanakan untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang di susun berdasarkan skala prioritas, oleh karena itu dengan tetap berpedoman pada prinsip pembentukan peraturan perundang-undangan yaitu prinsip yuridis, prinsip sosiologis, dan prinsip filosofis, maka Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan DPRD Kabupaten Bangka Selatan sepakat menyusun dan merumuskan Propemperda Tahun 2022 sebanyak 22 (dua puluh dua) judul yang kemudian akan ditetapkan dalam keputusan DPRD Kabupaten Bangka Selatan tentang Propemperda Tahun 2022 dengan adanya penetapan Propemperda Tahun 2022 maka Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan DPRD Kabupaten Bangka Selatan dapat melaksanakan program pembentukan peraturan daerah sesuai dengan skala prioritas yang telah ditetapkan,” ujar Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid saat memberikan Pidato.

Lanjut Riza, berdasarkan hasil analisis kondisi ekonomi daerah dan kajian terhadap tantangan serta prospek perekonomian yang dilakukan oleh pihak eksekutif dan legislatif secara teliti dan cermat, maka didapatkan perhitungan dan analisa terhadap Pendapatan dan Belanja Kabupaten Bangka Selatan Tahun Anggaran 2022 dengan proyeksi untuk pendapatan Tahun 2022 adalah sebesar Rp 870.259.441.371 dan belanja diproyeksikan sebesar Rp 912.447.204.127.

Baca Juga :  Sekda Naziarto: Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik 2023 Merupakan Bukti Demokrasi Berjalan Penuh

“Berdasarkan yang saya sampaikan, maka kita meyakini bersama-sama bahwa melalui perumusan program kegiatan dan alokasi anggaran tersebut, diharapkan Kabupaten Bangka Selatan dapat mencapai target-target makro pembangunan seperti yang telah ditetapkan dalam rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2022,” ujarnya.

Target yang dimaksud yakni, Pertumbuhan Ekonomi ditargetkan sebesar 2,61 persen, Nilai Indeks Pembangunan Manusia ditargetkan 67,75, Ringkat Penggangguran Terbuka ditargetkan terjadi penurunan ke angka 5,0 persen dan Angka Kemiskinan diharapkan terjadi penurunan di angka 3,52 persen. Target-target makro tersebut diyakini bisa kita capai dengan memfokuskan pada 3 (tiga) prioritas pembangunan yaitu, Penguatan Infrastruktur Strategis Kewilayahan, Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Optimalisasi Pembangunan Sektor Primer.

Sementara untuk menunjang perkembangan pembangunan dan pertumbuhan perekonomian di Bangka Selatan, Bangka Belitung (Babel), lanjut Riza, diperlukan sistem perhubungan yang terpadu, tertib dan aman.

“Rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan perhubungan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah serta guna menunjang perkembangan pembangunan dan pertumbuhan perekonomian di Bangka Selatan sehingga diperlukan sistem perhubungan yang terpadu, handal, selamat, lancar, tertib, aman, nyaman, berdayaguna dan berhasil guna dengan mengintregrasikan semua komponen perhubungan baik perhubungan darat, perhubungan laut, asdp dan udara,” pungkas Riza.

Berita Terkait

Rekomendasi