Kamis, 18 Juli 2024 02:39 WIB

PT Timah Tbk dan Tim Baher Gelar Aksi Bersih Kawasan Pesisir Laut Nek Aji

TOBOALI – PT Timah Tbk bersama Tim Baher (Basel Hame-hame Bergerak), DPKPLH, TNI – Polri, dan melibatkan Komunitas Sadar Wisata melaksanakan aksi bersih peduli lingkungan di pesisir Pantai Laut Nek Aji dan sekitarnya, Jumat (3/12/2021) pagi. Turut hadir pula pegawai sejumlah SKPD seperti Bappeda, Kecamatan Toboali, Kelurahan Tanjung Ketapang.

Para peserta aksi bersih mulai memungut sampai dari sekitaran Bom Pendek Tanjung Ketapang hingga ke Pantai Laut Nek Aji. GM PT Timah Tbk, Robertus Bambang Susilo kegiatan ini adalah bentuk silaturahmi antara PT Timah dengan masyarakat Toboali dan sekitarnya.

Silaturahmi ini, kata Robertus diwujudkan dengan menggelar aksi bersih-bersih pantai sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. “Ini kesempatan yang baik, di hari Jumat ini berkesempatan baik untuk bersilaturahmi sekaligus aksi bersih pantai,” ujarnya.

Di sisi lain Robertus mengatakan pihaknya tetap melaksanakan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

“Kegiatan ini tentunya kita laksanakan dengan menerapkan prokes Covid-19, dan hasilnya kawasan wisata ini menjadi bersih, nyaman dan indah untuk kita bisa datangi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DPKPLH Basel Gatot Wibowo mengatakan kegiata ini diinisiasi PT Timah Tbk bekerja sama dengan Tim Baher dan Pena Ar Rahmah yang melibatkan unsur Pemkab Basel, TNI-Polri serta sejumlah ormas dan komunitas.

Gatot mengungkapkan pihaknya sangat mensuport kegiatan positif ini untuk bersama-sama menjaga lingkungan khususnya di pesisir pantai.

“Rencana minggu kedepan akan digelar lagi aksi bersih di darat dan pesisir pantai, Pak Bupati bersama Forkopimda akan turun langsung juga PT Timah,” paparnya.

Ia menambahkan sedikitnya 200 peserta turun dalam aksi bersih ini yang melibatkan PT Timah, DPKPLH, Bappeda, Kecamatan Toboali dan Kelurahan Tanjung Ketapang, Tim Baher, TNI-Polri, Karang Taruna serta Komunitas Sadar Wisata.

Baca Juga :  Terima Laporan Keuangan, Pj Gubernur Suganda Minta BPKP Dampingi Pemprov Babel

Hasilnya, kata Gatot dalam aksi bersih ini berhasil memungut sampah plastik pesisir pantai sebanyak hampir 2 truk sampah.

Terpisah, Sekretaris dari Tim Baher Rofiko mengungkapkan Tim Baher menyerahkan 30 unit tong sampah ke Dinas DKLPH sebagai bentuk dukungan aksi peduli lingkungan di pesisir pantai Tanjung ketapang.

“Hari ini kita menyerahkan 2 Tong sampah sebagai simbolis, dan semua tong sampah itu ada 30 unit akan diserahkan menyusul. Titik fokus kita ada di RT 05 RW 03 Kelurahan Tanjung Ketapang. Bersama PT Timah kita menggagas kegiatan ini karena ada keluhan masyarakat bahwa tong sampah di Pantai Nek Aji tidak ada lagi. Jadi kita bekerja sama dengan kepada Dinas DLPKH termasuk biaya pengkutan sampah tiap bulanya di Pantai Tangsi Ini,” jelasnya.

Ia berharap dengan kegiatan aksi bersih ini dapat mengajak seluruh masyarakat Basel dan Toboali khususnya untuk terus peduli lingkungan dan menciptakan kawasan pesisir yang bersih dan bebas sampah.

Berita Terkait

Rekomendasi