Kamis, 18 Juli 2024 03:32 WIB

Rumah Kakek 67 Tahun di Tempilang Terbakar, Harta Benda Hangus Tak Bersisa

Bangka Barat – Seorang pria berusia senja, warga RT 14, RW 05, Dusun Tempilang Utara II (Kelanci), Tempilang, Kecamatan Tempilang, Bangka Barat, terpaksa kehilangan tempat tinggalnya setelah terbakar.

Pria yang rumahnya terbakar itu adalah Samun (67). Peristiwa naas itu menimpanya pada Sabtu (11/11/2023) malam. Rumah yang ditempatinya rata dengan tanah dan tidak ada lagi harta benda yang tersisa.

Kapolsek Tempilang, Iptu Intan Diputra mengungkap kronologis kejadian kebakaran yang menimpa kediaman buruh harian lepas itu.

Kata dia, peristiwa ini bermula korban keluar rumah yang untuk mengunci pintu rumah lamanya yang berada di sebelahnya pada Sabtu (11/11/2023) sekira pukul 23.00 WIB.

“Selanjutnya korban mengecek situasi di luar rumahnya dengan cara mengintai dari jendela rumah yang ia tempati, saat itu rumah lamanya masih dalam keadaan aman belum ada tanda-tanda yang mencurigakan,” ujar Iptu Intan Diputra, Senin (13/11/2023).

Lebih lanjut, sekira jam 23.30 WIB saat sedang menonton televisi, korban ada mendengar suara gonggongan anjing tetangganya. Korban dengan sigap mengecek situasi di luar rumahnya dengan cara mengintai dari jendela rumah dan juga masih terlihat aman.

“Sekira jam 24.00 WIB saat sedang nonton TV Samun melihat ada cahaya dari luar rumah, yang membuat korban terkejut saat melihat ada api yang membakar rumahnya. Namun belum begitu besar. Korban bergegas ke luar dan menyiram api dengan air yang ada di rumah lamanya,” katanya.

Namun api tak kunjung padam dan semakin membesar, dan merembet keseluruh bagian rumah lama itu. Bangunan semi permanen hampir habis dilalap sijago mereka.

“Karena tidak ada yang menolong lantaran posisi jarak rumah antar warga lainnya jauh, korban lalu hubungi keluarga di kecamatan,” ujar dia.

Baca Juga :  TMMD Buka Jalan di Tepus, Pj Gubernur Safrizal: Bukti Nyata TNI untuk Masyarakat

Atas kejadian ini bangunan rumah semi permanen itu ludes terbakar. Begitu pula harta benda yang dimiliki sang kakek seperti kulkas, mesin cuci pakaian, mesin air dan 4 unit sepeda motor.

Masing-masing merek Yamaha Jupiter MX, Honda Vario, Yamaha Force One Sporty dan Yamaha Force One semuanya tidak terselamatkan berikut peralatan rumah tangga lainnya.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait sebab kebakaran tersebut. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” ucapnya. (ura).

 

Berita Terkait

Rekomendasi