Jumat, 12 April 2024 18:45 WIB

Imam Masjid Berperan Penting dalam Pembinaan Umat

REPORTASE, Pangkalpinang – Fraksi PPP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bangka Belitung meminta Pemerintah daerah lebih meningkatkan peran Imam Masjid.

Permintaan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung Amri Cahyadi saat menggelar Forum Group discussion (FGD) Fraksi PPP, Kamis (16/3/2017).

Imam Masjid memiliki fungsi dan peran sangat strategis minimal lima kali dalam satu hari, yang di transformasikan dalam ajaran Agama.

“Imam masjid ini harus kita perhatikan, mereka adalah ujung tombak kita dalam hal pembinaan umat, untuk itu Pemda kontribusi meningkatkan peran mereka,”jelas Amri.

Menurutnya, Imam masjid tidak hanya mengimami namun harus disertai sebagai Khotib, baik itu hari Raya dan hari hari lainya, selain itu, Amri juga meminta Imam masjid ini harus kreatif bukan hanya pandai membaca alquran. “Imam masjid harus bisa Khotib, selain itu juga harus kreatif,” ucapnya.

Terlebih sekarang ini, banyak sekali paham-paham baru yang mulai menginterpensi keberagaman di Indonesia. Dia berharap dengan adanya imam Masjid, Insya Allah mereka dapat membantu pemerintah memberikan pembinaan bagi umat sehingga tidak mudah terpengaruh.

Dijelaskan Amri sudah selayaknya Imam-Imam Masjid ini mendapatkan insentif dari Pemerintah Daerah, DPRD Babel menurutnya, dia siap menganggarkan anggaran bagi para Imam Masjid tersebut.

“Kita siap anggarkan insentif bagi Imam Masjid di Babel, dan ini harus,” jelas Amri. (rep)

Baca Juga :  Ketua DPRD: Saya Akan Terus Perjuangkan Nasib Guru dan Tenaga Honorer
Berita Terkait

Rekomendasi